Follow detikFinance
Senin, 21 Mar 2016 06:47 WIB

Mantan PNS Ini Jadi Pengusaha Properti Terkaya Dunia Berharta Rp 373 T

Wahyu Daniel - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Meski tahun lalu kondisi sektor keuangan dunia lesu, namun kekayaan pengusaha properti dunia tetap naik.

Setidaknya ada 184 orang dalam daftar orang terkaya dunia versi Forbes yang kekayaannya naik, berkat usaha properti.

Dilansir dari Forbes, Senin (21/3/2016), pengusaha properti terkaya dunia berasal dari China, dia adalah Wang Jianlin.

Jumlah kekayaan Jianlin menurut Forbes adalah US$ 28,7 miliar atau sekitar Rp 373 triliun. Lewat perusahaan bernama Dalian Wanda, Jianlin membangun berbagai properti komersial, seperti gedung perbelanjaan dan hotel.

Wang lahir di Provinsi Sihuan pada 1954, setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orangtuanya adalah anggota tentara China. Setelah itu, dia menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990an. Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di China.

Saat ini, bisnis Dalian Wanda berkembang ke berbagai sektor, hingga sektor jaringan perfilman atau sinema. Januari lalu, Dalian Wanda mengatakan akan menggelontorkan US$ 3,5 miliar untuk membeli perusahaan produsen film dan TV Amerika Serikat (AS), yaitu Legendary Entertainment.

Pengusaha properti terkaya nomor dua dunia juga berasal dari China, atau tepatnya Hong Kong, yakni Lee Shau Kee dengan kekayaan US$ 21,5 miliar atau sekitar Rp 279,5 triliun. (wdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed