Follow detikFinance
Jumat 06 Jan 2017, 14:00 WIB

Wajah Ceria Anak-anak Pengungsi Pidie Jaya Saat Bertemu Sri Mulyani

Agus Setyadi - detikFinance
Wajah Ceria Anak-anak Pengungsi Pidie Jaya Saat Bertemu Sri Mulyani Foto: Agus Setyadi
Pidie Jaya - Desa Pangwa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, nampak ramai meski hujan deras tak kunjung berhenti. Warga lintas usia berkumpul di bawah tenda yang didirikan di depan Meunasah.

Mereka menanti kedatangan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. Begitu iring-iringan mobil Sri Mulyani tiba di lokasi, raut wajah warga berubah. Senyum mengembang dari bibir mereka.

Sri Mulyani hadir untuk mengunjungi warga korban gempa bumi di Pidie Jaya, salah satu kabupaten terdampak gempa 6,5 skala richter yang mengguncang Aceh pada Rabu (7/1/2016) lalu.
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie JayaFoto: Agus Setyadi
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie Jaya

Mengenakan jilbab dan berbaju batik, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu turun dari mobil sambil memegang payung sendiri. Kondisi jalan yang becek tak menghentikan langkah kaki Sri Mulyani menuju tenda pengungsian.

Sri Mulyani sempat mendengar penjelasan seputar kondisi warga korban gempa hingga kondisi bangunan yang rusak. Selanjutnya, ia menyerahkan bantuan simbolis ke warga dan pengurus Masjid.

Usai acara, Sri Mulyani sempat ngobrol dengan ibu-ibu yang sudah menantinya.

"Ibu-ibu mengungsi di mana? Kalau hujan gimana?" tanya Sri Mulyani, Kamis (5/1/2016).

"Kami mengungsi di depan rumah. Kalau hujan kami basah, bu," kata mereka.

Sri Mulyani juga bertemu anak-anak korban gempa. Senyum bahagia mengembang dari wajah mereka. Meski sudah sebulan tinggal di bawah tenda pengungsian, anak-anak di sana tetap ceria.

Sri Mulyani menyempatkan diri mengabadikan momen bersama anak-anak. Di tengah guyuran hujan, anak-anak dan Sri Mulyani berfoto bersama. Beberapa orang terlihat memayungi sang menteri dan anak-anak agar tidak terkena hujan.
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie JayaFoto: Agus Setyadi
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie Jaya

Rombongan selanjutnya bergerak ke SMPN 2 Meureudu. Di sana, puluhan siswa-siswi sudah menunggu. Mereka berdiri di samping ruang kelas menyambut kedatangan Bu Ani, sapaan akrab Sri Mulyani.

Tenda berukuran besar telah disiapkan. Di SMP 2 Meureudu, 10 ruang kelas rusak. Saat ini, delapan ruang belajar masih dalam tahap perbaikan. Selama masa darurat, pihak sekolah memberlakukan sistem belajar pagi dan sore.
Siswa-siswi menanti kedatangan Sri MulyaniFoto: Agus Setyadi
Siswi-siswi menanti kedatangan Sri Mulyani

Di sana, Menkeu menyerahkan bantuan secara simbolis kepada tiga orang siswa. Selain itu, ia sempat mendengar penjelasan dari terkait kondisi sekolah yang rusak.

"Hari ini kita memberikan bantuan sosial untuk masyarakat. Kedua membangun kembali tempat berkumpul untuk masyarakat. Kita juga akan membantu SMP dengan seluruh peralatannya sebesar Rp 2 miliar. Bantuan itu adalah sumbangan dari pegawai kementerian keuangan dari tingkat pusat dan kantor wilayah di seluruh Indonesia," kata Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie JayaFoto: Agus Setyadi
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie Jaya

Saat hendak meninggalkan lokasi SMP, Sri Mulyani menjadi sasaran foto bersama atau pun swafoto (selfie). Siswa-siswi mengerumuninya agar dapat mengabadikan momen besama. Ia kemudian menyalami siswi satu persatu sambil berjalan menuju mobil.

Ia sempat meminta siswi menyanyikan lagu daerah Aceh. "Coba nyanyi lagu Bungong Jeumpa," mintanya.

"Yang semangat ya belajarnya," pesan Sri Mulyani kepada para siswa.
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie JayaFoto: Agus Setyadi
Menkeu Sri Mulyani kunjungi korban gempa di Pidie Jaya
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed