Follow detikFinance
Rabu 11 Jan 2017, 17:19 WIB

Menteri Rini Kepincut Batik Trenggalek

Adhar Muttaqin - detikFinance
Menteri Rini Kepincut Batik Trenggalek Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan rumah kreatif BUMN (RKB) di Trenggalek untuk mempercepat pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pesisir selatan Jawa.

Dalam kegiatan tersebut, Rini 'kepincut' dengan aneka produk batik warna alam saat meninjau sejumlah stan pameran industri kreatif yang sedang berkembang di wilayah Trenggalek.

"Wah, ini batiknya bagus-bagus sekali," katanya, Rabu (11/1/2017)

Salah satu menteri di kabinet kerja ini akhirnya memborong beberapa lembar batik khas Trenggalek. Tak hanya itu saja, ia juga memborong beberapa produk kopi yang dihasilkan oleh petani lokal.

"Ini kemasannya sudah bagus sekali, pasti akan laris kalau seperti ini. Kebetulan saya itu suka sekali dengan kopi, bahkan hampir semua jenis kopi sudah saya coba," ujarnya sambil mencicipi kopi asli Trenggalek.

Rini Soemarno menjelaskan, pendirian RKB akan dilakukan di semua daerah, namun untuk tahap awal di wilayah Jawa Timur baru diresmikan di Surabaya dan Trenggalek. Menurutnya, untuk di wilayah Jawa Timur bakal ada 38 RKB yang tersebar di seluruh kota dan kebupaten yang ada.

Dinjelaskan, keberadaan rumah kreatif tersebut diharapkan akan mampu mendorong peningkatan UMKM maupun pelaku industri kreatif lainnya, sehingga bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.

Tim RKB juga akan melakukan pendampingan terhadap pelaku UMKM agar mempu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan, mulai dari pengolahan, pengemasan hingga pemasaran.

Menteri Rini Kepincut Batik TrenggalekFoto: Adhar Muttaqin

"Misalkan kalau fokus di produk fashion maka akan diarahkan seperti apa yang sekarang sedang digemari," imbuhnya.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, Tak hanya sekedar itu, RKB ke depan juga siap memberikan pelatihan pembukuan bagi para pelaku industri kreatif, sehingga apabila membutuhkan suntikan modal yang lebih besar bisa langsung dilakukan oleh perbankan milik pemerintah. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed