Follow detikFinance
Selasa 17 Jan 2017, 17:05 WIB

Agus Marto Diangkat Jadi Warga Kehormatan Masyarakat Dayak

Maikel Jefriando - detikFinance
Agus Marto Diangkat Jadi Warga Kehormatan Masyarakat Dayak Foto: Istimewa
Jakarta - Masyarakat Dayak Kalimantan Tengah memberikan gelar kehormatan Mantir Hai Panambahan kepada Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo. Pemberian gelar tersebut dilakukan saat kunjungan Agus ke Kalimantan Tengah, hari ini.

Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimatan Tengah Agustiar Sabran menyatakan, pemberian gelar tersebut dilakukan setelah melalui musyawarah pimpinan Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah dengan para tokoh Dayak dan tetua adat.

"Gelar Mantir Hai Panambahan diberikan kepada sosok yang dianggap arif bijaksana, dihormati serta dituakan dan menjadi panutan. Bapak Agus Martowardoyo menerima gelar ini karena beliau seorang yang cerdik dan pandai," ujar Agustiar saat upacara penobatan gelar.

Ia menambahkan, dengan gelar yang dimiliki, maka Agus menjadi warga kehormatan suku Dayak. "Apabila suatu saat Kalteng memerlukan kehadiran beliau untuk hadir dalam suatu kerapatan adat Dayak yang membicarakan tentang masalah menyangkut ekonomi dan keuangan, maka beliau boleh diundang hadir dan memberikan masukan dan saran sebagai Mantir Hai Panambahan dan
sebagai bagian dari masyarakat Adat Dayak," lanjut Agustiar.

Pada kesempatan yang sama, Agus Martowardoyo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada
masyarakat Dayak. Ia juga berjanji akan menjunjung tinggi nilai-nilai yang luhur masyarakat Dayak, yang selama ini menjadi dasar memajukan bangsa Indonesia.

"Kami berterima kasih telah diterima dengan baik oleh bapak ibu khususnya Dewan Adat Dayak dan
kami menjadi bagian dari masyarakat Dayak, kami akan menjunjung tinggi nilai-nilai yang menjadi dasar memajukan bangsa ini," kata Agus pada kesempatan yang sama.

Selain menerima gelar kehormatan dari masyarakat Dayak Kalteng, Agus juga datang untuk melantik Kepala Perwakilan BI wilayah Kalteng. Ia juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk membicarakan sejumlah agenda pembangungan ekonomi Kalteng. (mkj/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed