Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 17:20 WIB

Pemerintah Bentuk Holding BUMN, Apa Saja Manfaatnya?

Sukma Indah Permana - detikFinance
Pemerintah Bentuk Holding BUMN, Apa Saja Manfaatnya? Foto: Ardan Adhi Chandra
Sleman - Pemerintah sedang membentuk holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Holding yang sudah terbentuk misalnya holding BUMN perkebunan, semen, dan rumah sakit.

Sedangkan yang masih dalam proses pembentukan antara lain holding BUMN migas, BUMN tambang, BUMN konstruksi. Lantas, apa manfaat holding bagi BUMN?

"Dengan holding, maka skala operasional (BUMN) lebih lebar, size juga lebih besar, jangkauannya lebih dalam untuk melayani masyarakat Indonesia," kata Edwin Hidayat, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, dalam workshop 'Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri, Menuju Indonesia Digdaya' di komplek Candi Prambanan, Sleman, Jumat (21/4/2017).

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR, Dwi Aroem, menyarankan BUMN mendahulukan perbaikan manajemen sebelum melaksanakan holding. Menurutnya, setelah perbaikan manajemen tercapai, maka holding bisa dilakukan jika manajemen telah dalam kondisi baik.

"BUMN sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat dulu. Perbaiki dulu manajemen BUMN satu satu. Kalau baik, silakan holding untuk meningkatkan aset, revenue, silakan," ujar Dwi.

Menurut Dwi, Tak dipungkiri keberhasilan pengelolaan BUMN membutuhkan keterlibatan yang aktif dari semua pihak, baik Pemerintah, manajemen BUMN, karyawan BUMN, akademisi, parlemen, dan masyarakat luas yang memiliki per-hatian terhadap BUMN.

"Karena itu, marilah bersama-sama kita pikirkan dan pantau bersama pengelolaan BUMN ini, untuk dapat memberikan hasil yang seoptimal mungkin bagi masyarakat dan negara ini," imbuhnya. (sip/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed