Follow detikFinance
Sabtu 20 May 2017, 19:05 WIB

Para Wanita Terkaya Dunia, Hartanya Rp 200 Triliun Lebih

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Para Wanita Terkaya Dunia, Hartanya Rp 200 Triliun Lebih Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tahukah anda, dari daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, ada para wanita yang juga menduduki posisi sebagai orang yang memiliki harta kekayaan di atas Rp 200 triliun. Mau tahu siapa saja wanita terkaya sejagat itu? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Forbes, Sabtu (20/5/2017).

Ini Dia Para Wanita Paling Tajir di Dunia  Liliane Bettencourt (Foto: Dok. Forbes)

Liliane Bettencourt
Para wanita pasti sudah akrab dengan merk kosmetik dan kecantikan L'Oreal. Ya, Liliane Bettencourt merupakan bos besar dari perusahaan yang berdiri di Prancis ini. Wanita kelahiran 21 Oktober 1922 ini memiliki kekayaan US$ 43,7 miliar atau sekitar Rp 585.5 triliun (kurs Rp 13.400).

Jumlah kekayaan ini mengantarkannya sebagai orang terkaya di dunia nomor 14 versi majalah Forbes. Kekayaan Liliane didapatkan dari warisan keluarganya. Namun, wanita berzodiak libra ini juga piawai mengembangkan dan menjalankan roda bisnis perusahaan kosmetiknya itu.

Sang ayah, Eugene Schueller mendirikan L'Oreal pada 1907, 30 tahun kemudian Liliane sempat bekerja menjadi pegawai magang dan mulai menjalankan bisnis secara penuh pada 1984.

Saat itu, ia mulai melakukan aksi korporasi untuk memupuk perusahaan, ia mencaplok Warner Cosmetics yang saat itu dimiliki oleh Warner Communications. Saat ini, Liliane menguasai sekitar 33% saham L'Oreal.

Alice Walton (Alice Walton (Foto: Dok. Forbes)

Alice Walton

Anak perempuan dari Sam Walton, pendiri Wal Mart ini memiliki kekayaan US$ 38 miliar atau sekitar Rp 509,2 triliun. Alice memulai karirnya sebagai analis keuangan di First Commerce Corporation, kemudian beberapa tahun kemudian dia bergabung di Arvest Group Bank.

Wanita kelahiran 7 Oktober 1949 ini kemudian membentuk sebuah investment bank bernama Llama Company. Namun sayang, perusahaan ini ditutup pada akhir era 1990an. Kemudian Alice pindah mengelola peternakan di texas bernama Walton Rocking W Ranch.

Pada 2011, ia mendirikan sebuah museum di kampung halamannya Bentoville, Arkansas bernama Crystal Bridges. Museum ini dikerjakan bersama Andy Warhol, Norman Rockwell dan Mark Rothko dengan koleksi yang bernilai jutaan dolar.

Saat ini Alice menempati posisi ke 17 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes.

Jacqueline MarsJacqueline Mars (Foto: Dok. Forbes)

Jacqueline Mars
Dari pabrik permen, Jacqueline Mars berhasil menjadi orang terkaya nomor 26 di dunia. Saat ini kekayaannya mencapai US$ 26,8 miliar atau sekitar Rp 359,12 triliun.

Lahir pada 10 Oktober 1938, wanita ini merupakan pemilik pabrik permen terbesar di dunia yakni M&M, Milky Way dan Dove Chocolate. Awalnya, pabrik ini didirikan oleh sang kakek, yang memulai membuat permen di dapur pribadinya pada 1911 silam.

Selain bisnis makanan manis, Mars juga memiliki sejumlah produk makanan seperti Uncle Ben's rice dan produk makanan untuk hewan peliharaan.

Sekitar US$ 5 miliar dana yang dimiliki Mars digunakan untuk industri makanan hewan, seperti Iams dan Whiskas. Pada Januari tahun ini ia resmi mencaplok saham VCA Inc., sebesar US$ 7 miliar.

Para Wanita Paling Tajir di Dunia, Hartanya Rp 200 T LebihMaria Franca Fissolo (Foto: Dok. Forbes)

Maria Franca Fissolo
Wanita terkaya nomor 29 di dunia ini memiliki harta kekayaan sebesar US$ 27,9 miliar atau sekitar Rp 373,86 triliun. Maria merupakan jnda dari Michele Ferrero yakni pemilik Ferrero Group sebuah bisnis yang bergerak di makanan manis.

Produknya yang mendunia adalah selai Nutella Chocolate Hazelnut, Kinder Chocolates dan Tic Tac Mints.

Februari 2015, Ferrero meninggal dunia dan meninggalkan bisnis untuk Maria dan anaknya, Giovanni. Sang anak, memang sudah didaulat menjadi wakil direktur utama perusahaan sejak 1987.

Susanne KlattenSusanne Klatten (Foto: Dok. Forbes)

Susanne Klatten
Anak perempuan dari Herbert Quandt dan Johanna Quandt ini memiliki kekayaan sebesar US$ 22,1 miliar atau sekitar Rp 296,14 triliun. Wanita kelahiran 28 April 1962 ini merupakan orang terkaya nomor 38 versi majalah Forbes.

Mengutip bornrich.com wanita berzodiak Taurus ini, merupakan lulusan business finance, kemudian dia memulai pekerjaanya di sebuah perusahaan iklan bernama "Young & Rubicam". Setelah itu, meneruskan sekolah di University of Buckingham dengan mengambil jurusan manajemen pemasaran dan spesialisasi periklanan.

Dia juga pernah bekerja di bidang finansial, yakni Reuschel & Company Bank, kemudian dia juga sempat bekerja di Dresdner bank di London. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed