Follow detikFinance
Kamis 21 Dec 2017, 12:29 WIB

Darmin Luncurkan Buku Roadmap Pengembangan Vokasi RI

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Darmin Luncurkan Buku Roadmap Pengembangan Vokasi RI Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Pendidikan vokasi dapat membantu perekonomian suatu negara. Oleh karenanya dibutuhkan strategi dan fokus yang jelas terhadap perkembangan pendidikan tersebut.

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution meluncurkan buku 'Roadmap Kebijakan Pengembangan Vokasi di Indonesia 2017-2025' untuk mengatasi rasa prihatin tersebut.

"Pendidikan vokasi bagaimana pun setelah kita lihat detail di lapangan misalnya kalau lihat balai latihan pesertanya mayoiritas tamatan SMK, menarik itu. Kalau ditanya orangnya jawabnya beragam, salah satunya karena saya sudah diterima bekerja tapi disuruh kursus lagi karena dianggap tahunya banyak tapi sedikit-sedikit," teran Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Menko Perekonomian Darmin Nasution luncurkan buku tentang VokasiMenko Perekonomian Darmin Nasution luncurkan buku tentang Vokasi Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pendidikan vokasi di bidang kejuruan membutuhkan perombakan baik dari sisi kurikulum hingga bidangnya.

"Perombakan di dalam pendidikan vokasi itu terutama pendidikan kejuruan. Begitu mau sampai kepada baik komposisi kurikulmunya bagaimana, bidang-bidang keahlian yang akan dikembangkan apa, kita mulai tarik ulur lagi," terang Darmin.

Pasalnya, kata Darmin, negara yang memiliki strategi dan fokus ekonomi yang jelas akan lebih berhasil mencapai kemakmuran yang lebih bagus dibandingkan negara yang tidak memiliki fokus.

Dalam buku tersebut menjelaskan mengenai arahan dan kebutuhan permintaan tenaga kerja hasi pendidikan vokasi. Buku ini juga diharapkan menjadi pegangan untuk Kementerian dalam melakukan transformasi pendidikan vokasi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed