Follow detikFinance
Jumat 22 Dec 2017, 07:35 WIB

Para Menteri Bikin Band, Basuki Hingga Sri Mulyani Bakal Satu Panggung

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Para Menteri Bikin Band, Basuki Hingga Sri Mulyani Bakal Satu Panggung Foto: Eko Susanto / detikcom
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkenal ulung bermain musik, khususnya dalam hal menggebuk drum. Acap kali dalam beberapa kesempatan, Basuki menyempatkan diri menggebuk drum mengiringi sebuah band membawakan lagu.

Bahkan dalam beberapa waktu belakangan, Basuki diketahui membentuk sebuah band dengan para Menteri Kabinet Kerja, setelah beberapa kali bermain dalam satu panggung. Band tersebut diketahui bernama Elekyo Band, bahasa Jawa yang artinya 'kalau jelek, ya biarin saja'.

"Jadi waktu itu ada acara di Rosi (program acara di salah satu stasiun TV Swasta), dengan Pak Ganjar (Gubernur Jateng), Menhub (Budi Karya Sumadi), Bu Susi (Menteri KKP), kita disuruh main tiba-tiba. Kemudian ditanya, band apa ini? Ada ide opo jenenge? Apa namanya? Terus kita punya ide elek yo Band," katanya seraya tertawa saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Band yang diberi nama Elekyo tersebut diisi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya sebagai gitaris atau vokalis, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno sebagai vokalis serta Basuki Hadimoeljono sendiri sebagai penabuh drum.

Basuki mengaku band tersebut tak pernah latihan dan hanya terbentuk secara spontan saja. Hal tersebut karena dalam beberapa kesempatan, para Menteri Kabinet Kerja tersebut kerap diundang untuk membawakan lagu dalam satu panggung, dan kebetulan senang terhadap musik.

Band tersebut juga sempat 'manggung' kembali saat acara perayaan hari ulang tahun Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Kemarin itu kan karena Beliau (Menhub) ulang tahun, kita diundang, Beliau juga senangnya nyanyi. Dekat rumah juga, tinggal jalan kaki," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Elekyo Band juga akan 'manggung' kembali. Kali ini dengan tambahan personel para menteri yang lebih banyak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri, hingga Kepala Bekraf Triawan Munaf rencananya akan hadir dalam satu panggung pada acara ngunduh mantu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Yogyakarta.

"Itu idenya Pak Teten (Kepala Staf Kepresidenan) itu. Yang di Yogya besok. Mudah-mudahan, mungkin nanti di Yogya waktu Pak Pratikno mantu, kita ada juga main. Bukan hanya saya, ada Pak Hanif, Pak Budi, Pak Triawan Munaf, Saya, Bu Sri Mulyani, Bu Retno diminta untuk siap-siap," ujar Basuki.

Basuki sendiri terkenal piawai dalam bermain musik. Dia mengaku caranya bermain musik dipengaruhi oleh almarhum Murry Koes Ploes dan Broery Marantika. Basuki bahkan boleh berbangga karena sudah memiliki satu lagu yang direkam di studio dengan musisi dan aktivis lingkungan hidup Indonesia, Ully Sigar Rusady.

"Saya sudah punya loh rekaman. Dengan Bu Uli Sigar. Ada shooting-nya di Arboretrum Sungai Brantas. Saya nyanyi," ungkapnya terkekeh. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed