Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Des 2017 19:23 WIB

Kata Gubernur Bank Indonesia Soal Hari Ibu

Prins David Saut - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Karangasem - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menilai Hari Ibu sebagai hari bersejarah. Hampir 89 tahun lalu, di Hari Ibu, Indonesia menginisiasi konferensi perempuan untuk kesetaraan hak dengan laki-laki.

"Untuk Indonesia, dengan adanya inisiatif konferensi perempuan 89 tahun yang lalu, kita bisa bilang Indonesia sangat maju di bidang menjaga kemajuan kaum perempuan," kata Agus di Pos Pengamatan Gunung Agung, Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (22/12/2017).

Agus menambahkan Indonesia lebih dulu membela hak-hak perempuan dibandingkan negara-negara maju saat itu. Sehingga peran perempuan di Nusantara sudah meluas dan banyak yang duduk di kursi-kursi pemerintahan hingga profesional yang pakar di bidangnya.

"Itu kalau dibandingkan dengan beberapa negara lain itu masih banyak yang belum beruntung seperti Indonesia. Tapi kita ketahui untuk bisa meningkatkan peran dari kaum perempuan itu masih terus ditingkatkan," ujar Agus.

"Terkait pendidikan dan kesempatan untuk menimba ilmu itu sudah jauh maju dan setara laki-laki. Tapi terkait pekerjaan dan ekonomi ini harus terus ditingkatkan," pungkasnya.

Oleh karena itu, Agus menyatakan Hari Ibu adalah hari bersejarah bagi perempuan Indonesia. Hari di mana perempuan Indonesia bisa memperjuangkan hak-haknya namun tetap bisa keibuan untuk anak, keluarga dan masyarakat.

"Jadi, Hari Ibu adalah hari yang strategis bagi Indonesia karena dengan inisiatif hampir 90 tahun lalu, Indonesia tidak memiliki kaum perempuan yang tertinggal dengan laki-laki," ucap Agus. (vid/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed