Follow detikFinance
Kamis, 04 Jan 2018 08:53 WIB

Sehari Bersama Menteri Basuki

Apa yang Dilakukan Menteri Basuki Pagi-pagi?

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian PUPR. Foto: Dok. Kementerian PUPR.
Jakarta - Pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi ujung tombak realisasi program tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bisa dibilang orang yang paling bertanggung jawab. Tak seperti sosok menteri lain yang cukup terkenal di tengah masyarakat, hasil kerja Basuki justru lebih banyak disebut media dibanding namanya sendiri.

Sebut saja 11 proyek jalan tol yang rampung sepanjang 2107, atau jalan di pelosok Papua yang mulai tersambung lewat tangan dinginnya.

Penasaran dengan sosok Basuki, pria kelahiran 5 November 1954 ini, detikFinance pun mengikuti keseharian Basuki sejak dari rumah dinasnya di Kompleks Perumahan Menteri Widya Chandra, Jakarta, hingga ikut blusukan memantau proyek infrastruktur yang tengah dibangun.

Pagi-pagi sekali, ayah 3 anak ini sudah berangkat ke kantornya. Pagi itu sekitar pukul 7.30 WIB, Toyota Fortuner bernomor polisi RI 35 mengantarnya menuju Kantor Kementerian PUPR yang terletak di Jalan Pattimura, Jakarta Selatan.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan celana bahan warna hitam, Basuki meladeni beragam pertanyaan yang dilontarkan detikFinance sepanjang perjalanan. Pria 63 tahun ini memang dikenal ramah di lingkungan Kementerian PUPR. Di luar itu, menteri yang satu ini memang juga dikenal mudah berbaur.

Setibanya di kantor, Basuki langsung menuju ruang kerjanya yang terletak di lantai dua gedung utama Kementerian PUPR. Ia langsung menunjuk sebuah papan putih berisi banyak catatan.

"Ini president call, ini president call dan ini president call. Semua president call saya catat di sini. Jadi kalau ada penugasan dari pak presiden, langsung saya catat supaya enggak lupa," tutur dia dengan suara serak yang khas.

Sembari menyeruput secangkir kopi hangat yang disediakan di mejanya, ia masih terus meladeni berbagai pertanyaan yang dilontarkan. Sesekali ia bercerita apa yang biasa ia lakukan begitu tiba di ruang kerjanya.

"Biasanya saya kalau pagi gini saya satu jam kerja dulu sebelum ada tamu. Jam 8 sampai jam 9, itu saya kerjakan semua baru terima tamu. Jadi kalau saya tinggal-tinggal, enggak ada pekerjaan yang terbengkalai," tuturnya.

Masih penasaran dengan sosok Basuki? Simak cerita selanjutnya hanya di detikFinance.

(dna/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed