Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Jan 2018 12:43 WIB

Pendiri IKEA Meninggal di Usia 91 Tahun

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Claudio Bresciani/Reuters Foto: Claudio Bresciani/Reuters
Smaland - Pendiri perusahaan furnitur IKEA, Ingvar Kamprad, meninggal dunia di usia 91 tahun pada Sabtu, 27 Januari 2018. Ia meninggal di kediamannya di Smaland, Swedia.

Meninggalnya Ingvar Kamprad telah dikonfirmasi oleh IKEA melalui pengumuman pada Minggu, 28 Januari 2018, melalui situs resminya.

Mengutip halaman New York Times, Senin (29/1/2018), pria bernama Ingvar Feodor Kamprad tersebut lahir di Pjatteryd, Swedia, pada 30 Maret 1926. Ia mendirikan perusahaan IKEA pada 1943.

Pada 1953 ia membuka gerai pertamanya di Almhult. Kemudian pada 1958 gerai tersebut menjadi toko IKEA pertamanya. Setelah itu pada 1960 ia membuka gerai di kota Stockholm dan kemudian merambah ke negara lain seperti Denmark dan Norwegia.

"Kami sangat berduka dengan meninggalnya Ingvar. Kami akan mengingat dedikasinya dan berkomitmen untuk berada di sisinya bersama kebanyakan orang. Ia tak pernah menyerah dan selalu menjadi yang terbaik dan berkepemimpinan," ujar Torbjorn Loof, CEO dan Presiden Inter IKEA Group.

IKEA merpakan perusahaan furnitur yang mendesain dan menjual ke berbagai negara. Pada 2015, kekayaan Ingvar Kamprad lebih dari 40 miliar dolar yang membuatnya masuk daftar orang terkaya Forbes.

Belum diketahui penyebab kematian Ingvar Kamprad. Meski demikian, semasa hidupnya pria asal Swedia itu dikenal sebagai sosok yang sederhana. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed