Follow detikFinance
Minggu, 11 Feb 2018 19:40 WIB

Sosok Rachmat Saleh di Mata Bank Indonesia

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: dok. BI Foto: dok. BI
Jakarta - Mantan Gubernur Bank Indonesia Rachmat Saleh telah meninggal dunia. Pria yang berusia 87 tahun itu menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 3 sore tadi di RS Abdi Waluyo.

Bank Indonesia pun turut mengucapkan bela sungkawa atas kepergian sosok yang berjasa itu. Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman yang mewakili BI mengatakan bahwa Almarhum Rachmat Saleh dikenal jujur, tegas dan berdisiplin tinggi.

"Selama menjadi Gubernur BI, Rachmat Saleh senantiasa berpegang pada lima pedoman profesionalitas, etika dan moral, yaitu nasionalisme, kejujuran, kerja keras, dedikasi, serta konsisten menambah pengetahuan," tuturnya dalam keterangan tertulis, Minggu (11/2/2018).

Menurut Agusman, lima pedoman tersebut membuatnya dikenal sebagai pejabat yang rendah hati, jujur dan lurus serta tegas dalam mengemban tugas.

Menurutnya keteladanan Rachmat patut dikenang dan dijadikan panutan. Tidak hanya bagi pegawai Bank Indonesia namun juga bagi masyarakat Indonesia secara umum.

"Anggota Dewan Gubernur dan segenap jajaran serta keluarga Bank Indonesia mengungkapkan belasungkawa yang mendalam atas wafatnya beliau," tuturnya.

Sekadar informasi, Rachmat Saleh menjabat sebagai Gubernur BI dari tahun 1973 hingga 1983. Setelah itu dia juga menjadi Menteri Perdagangan, dari tahun 1983-1988. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed