Follow detikFinance
Sabtu, 28 Apr 2018 18:40 WIB

Pesan Rini Soemarno untuk Perempuan Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Menteri BUMN Rini Soemarno.Foto: Dok. Kementerian BUMN Menteri BUMN Rini Soemarno.Foto: Dok. Kementerian BUMN
Karanganyar - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengajak perempuan tidak merasa berbeda dan lebih rendah dari kaum laki-laki.Hal ini disampaikan Rini dalam acara Kartini Millenials Inspiring Day di De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (28/4/2018).

"Kita sebagai perempuan jangan merasa berbeda atau lebih rendah. Kita harus merasa lebih tapi tidak boleh sombong. Karena kita bisa melahirkan dan membesarkan anak, itu artinya kita dikasih kesempatan untuk mendidik generasi mendatang," kata Rini.

Dia menjelaskan orang tuanya tidak pernah membedakan perlakuan untuk anak laki-laki dan anak perempuannya. Dia tumbuh sebagai anak perempuan yang cerewet.


"Kakak saya ada perempuan dua dan laki-laki dua. Sejak awal ayah saya tidak membedakan anak laki sekolahnya di sini perempuan di sini tidak pernah," kata dia.

Rini menceritakan pengalamannya saat menjadi Direktur Keuangan Astra Internasional. Saat itu dia makan siang bersama partner Astra seperti Toyota dan Honda. Dalam ruang rapat tersebut hanya ada sedikit perempuan yang berpartisipasi.

"Saya harus ke Jepang rapat dengan partner Astra, saya lihat semuanya laki-laki, perempuan ada juga sih tapi mereka bagian lain seperti menyiapkan teh, terus ketemu lagi perempuan jadi tukang pencet lift. Saat itu tahun 1989 kondisinya memang sangat berbeda dengan sekarang," ujar dia.

Rini menyampaikan, banyak yang menganggap enteng atau meremehkan perempuan. Menurut dia hal tersebut adalah posisi yang sulit.


"Kadang mereka (laki-laki) menganggap enteng perempuan, misalnya dalam hal negosiasi. Ah perempuan ini, gampang lah. Di situ mereka tidak menyiapkan diri sampai akhirnya salah strategi. Itu keuntungan juga untuk perempuan karena kemampuan kita bisa sama atau bahkan lebih dari mereka," jelas dia.

Rini menjelaskan orang tuanya selalu mendidik anak-anaknya agar rajin membaca dan bersemangat untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Karena didikan tersebut, Rini saat ini tidak kaku dalam bekerja bersama kaum laki-laki.

Dia mengajak kaum perempuan untuk jangan merasa lebih rendah dibandingkan laki-laki. Ibu dari 3 anak ini memulai karirnya pada usia 24 tahun, ia saat itu mengikuti management trainee di Citibank. Pekerjaan tersebut dia dapatkan setelah lulus sekolah di Amerika Serikat.

Kemudian pada usia 31 Tahun ia menduduki jabatan sebagai Direktur Keuangan Astra, pada usia 39 tahun sebagai Direktur Utama Astra dan 42 tahun Menteri Perindustrian dan Perdagangan. Terakhir Rini menduduki posisi Menteri BUMN. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed