Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Okt 2018 08:40 WIB

Cerita Sukses

Cerita Anak Petani yang Sukses Ciptakan Mobil Kelas Dunia

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Henry Ford. Foto: Getty Images Henry Ford. Foto: Getty Images
Jakarta - Ford merupakan salah satu satu merek mobil asal Amerika Serikat (AS) yang mendunia. Siapa sangka, mobil ini diciptakan oleh seorang anak petani bernama Henry Ford.

Henry lahir di kota Detroit, Michigan, Amerika Serikat pada tahun 1863. Ia dibesarkan di lingkungan pedesaan oleh orang tua yang berprofesi sebagai petani dan ibu rumah tangga.

Walaupun hidup dalam kesederhanaan, di masa kecilnya ia sempat berkenalan dengan mesin pertanian. Hal itu lah yang membuat Henry jatuh cinta pada mesin dan berlatih sebagai ahli mesin di Detroit.

Saat remaja, ia dikenal sebagai tukang reparasi berbakat karena mampu memperbaiki jam tangan. Kemudian ia juga mencoba bekerja di Edison Company, salah satu perusahaan mekanik sebagai montir.

Berkat kecintaannya terhadap mesin, ia memutuskan untuk menciptakan Quadricycle Ford, yang akhirnya menjadi pintu dari penciptaan mobil balap miliknya bernama 'Ford'.

Mobil tersebut memiliki kecepatan setara dengan seratus tenaga kuda dan menjadi salah satu kendaraan tercepat di masanya. Melihat hal ini, Henry kembali berkeinginan menciptakan mobil 'murah' yang bisa dibeli oleh masyarakat Amerika.


Salah satu mobil murah pertamanya, adalah model T dan menjadi salah satu keberhasilan terbesarnya. Mobil tersebut memiliki harga yang murah dan berkualitas tinggi sehingga banyak orang Amerika membeli kendaraan tersebut.

Dalam memenuhi permintaan yang melonjak, Ford menciptakan sistem produksi yang inovatif sehingga mampu memproduksi mobil lebih cepat di masanya.

Selain itu, ada juga inovasi lain yang dikembangkan oleh Henry, seperti lini produksi semi-otomatis dan upah yang lebih tinggi untuk para pekerja dibandingkan perusahaan lain dalam produksinya.

"Jika semua orang maju secara bersamaan, maka kesuksesan diraih bisa diraih setiap orang dengan sendirinya," ungkap Henry dikutip detikFinance dari Succes Story, Rabu (10/10/2018).


Walaupun begitu, perjalanannya tak semulus yang dibayangkan. Pasalnya ada beberapa kritik kontroversial yang menghampiri dirinya, karena memberlakukan tes untuk para karyawan.

Namun hal itu tak membuatnya terpuruk, bahkan saat ini ia dikenal sebagai ikon era industri dan salah satu tokoh bisnis dunia yang memiliki penghasilan tinggi per tahunnya.




Tonton juga 'Tips Sukses Kerja Bagi Milenial ala Sandiaga':

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed