Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Okt 2018 08:17 WIB

Cerita Sukses

Mengenal Roman Avdeev, Pengusaha Muda yang Punya 23 Anak

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: dok. Romanavdeev.ru Foto: dok. Romanavdeev.ru
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Jika diminta menyebutkan nama pengusaha kaya asal Rusia, barangkali jawaban yang ada di kepala hanya nama-nama seperti Alisher Usmanov, Alexei Mordashov atau bahkan Roman Abramovich.

Namun tidak banyak yang mengetahui kisah seorang Roman Avdeev, bankir muda yang juga pemilik perusahaan investasi Rossium Concern.

Roman berada di peringkat ke-56 di antara orang-orang terkaya di Rusia menurut majalah Forbes. Hartanya saat ini berjumlah US$ 1,5 miliar atau setara Rp 22,5 triliun (kurs Rp 15.000).

Tapi yang menarik dari Roman Avdeev adalah jumlah anak yang dimilikinya yang mencapai 23 orang. Bisa jadi Roman adalah pengusaha yang paling banyak memiliki anak di dunia dengan jumlah tersebut.

Bagaimana kisahnya?

Lahir pada 17 Juli 1967, di Odintsovo, sejak kecil Roman bermimpi menjadi seorang arkeolog. Setelah lulus dari sekolah menengah, dia memasuki Institut Energi di ibu kota Rusia, Moskow.

Setelah satu tahun pelatihan di Institut, dia kemudian dipanggil menjadi tentara militer. Pada 1986, Roman Avdeev bertugas di Kostroma, dalam formasi konstruksi militer.

Di sana dia bekerja sebagai sekretaris komandan dan juga sebagai pembersih. Roman yang saat itu juga sedang melanjutkan pendidikannya harus bekerja sebagai pembersih dan penjaga di malam hari untuk memberi makan istri dan anaknya.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan teknisnya di Universitas Teknik Lipetsk untuk mendapat gelar diploma. Di sana dia juga mengikuti kursus praktis perbankan di Universitas Bisnis Internasional Moskow dan teknologi Informasi. Itulah modalnya menjadi salah satu bankir yang sukses di Rusia.

Sebagai seorang siswa, tanpa membuang waktu, Roman pun menciptakan perusahaannya sendiri, membangun kerja sama dengan pabrik Ukraina, Elektronmash. Dia memulai bisnisnya sendiri memproduksi dan menjual decoder televisi, dan kemudian mulai membawa komputer dari luar negeri.

Setelah itu, dia memiliki gagasan untuk menciptakan bisnis perbankan. Avdeev pun mengakuisisi sebuah bank di tahun 1991 dengan menggunakan uang hasil bisnisnya berjualan komputer. Dia mempekerjakan 14 karyawan saat itu. Bank di Moskow itu adalah awal dari bankir Avdevv membangun gurita bisnis di kemudian hari.

Saat ini, bank tersebut merupakan salah satu yang terbaik di antara 30 lembaga kredit lainnya di Rusia dan telah melayani 22.000 perusahaan serta lebih dari 150.000 klien. Total aset bersihnya masuk ke dalam 10 besar terbaik di Rusia dan 20 besar untuk kategori laba bersih.

Pada 2016, Avdeev juga sempat membeli klub sepakbola Torpedo dan berjanji bahwa para pemain akan bermain di stadion milik mereka sendiri yang dinamai Eduard Streltsov.


"Ini adalah proyek yang sangat luar biasa, yang mencakup banyak infrastruktur olahraga, perumahan dan properti. Program rekonstruksi secara keseluruhan akan dilaksanakan secara akurat. Ada lahan 250 ribu meter persegi yang akan diolah, dan semua ini akan menelan biaya sekitar 54 miliar rubel," kata Roman.

Roman sangat peduli akan lingkungan sekitarnya. Dia terkenal akan sifat dermawannya terhadap anak-anak.

Dia menikah dua kali. Pernikahan pertama hanya berlangsung selama enam bulan. Dan pada tahun 1978, ia menikahi Lyudmila Johnnyboy. Pada saat itu Roman telah memiliki 12 anak asuh.

Roman kini memiliki 4 anak kandung dan 19 anak angkat yang diadopsi dari panti asuhan. Fakta tersebut membuatnya dianugerahi gelar 'Pelindung tahun ini' oleh walikota Moskow Sergei Sobyanin di Kremlin Palace.

Roman percaya bahwa rumah anak atau panti asuhan itu baik, tetapi tidak benar-benar sangat efektif. Secara harmonis, anak mampu mengembangkan diri dan berinteraksi dengan masyarakat tapi tidak tanpa orang tua langsung.

Menurut Roman, setiap anak membutuhkan orang yang mereka cintai sendiri yang akan membantunya melewati tahapan yang sulit dalam hidup. Menurut Roman, seharusnya tidak ada panti asuhan, dan anak-anak harus tumbuh hanya di keluarga mereka sendiri. Keluarga untuknya adalah prioritas dalam hidup.


Tetapi memang tidak mungkin untuk menolak panti asuhan, dan karena itulah dia sampai saat ini terus membantu mereka yang ada di panti asuhan. Roman sering ditanya mengapa dirinya yang sudah enak dan mapan mau mengurus anak-anak dalam jumlah yang begitu besar?

Roman percaya bahwa orang tua wajib mengajari anak konsep utama dari apa yang buruk dan apa yang baik, menanamkan dalam dirinya keyakinan dan memberikan kebebasan memilih dalam hidup. Pendidikan untuk anak memainkan peran utama dalam hidupnya.

Pada tahun 2014 Avdeev diakui sebagai Banker of the Year. Dia juga mendapat penghargaan Legend of Industry. Kemudian Roman dinobatkan sebagai Investor Terbaik menurut RBC. Meskipun sukses besar dalam bidang bisnis, Roman tidak terlihat seperti orang yang dalam pikirannya hanya soal uang, uang dan uang.

Dia adalah seorang filantropis sejati yang mendirikan lembaga amal bernama Kindness Arithmetic. Dana tersebut digunakan untuk kebutuhan pendidikan dan kebutuhan anak-anak lainnya. Dia memberi perhatian khusus kepada narapidana panti asuhan dan fasilitas tempat tinggal.

Terlepas dari kenyataan bahwa Roman Avdeev dibesarkan dalam keluarga biasa, dilatih di sekolah kota biasa, dengan usahanya sendiri ia berhasil masuk ke Moskow PowerEngineeringInstitute hingga akhirnya mencapai kesuksesan besar dalam berbisnis. Dia berhasil mengatasi semua rintangan dalam perjalanannya meraih kesukaannya itu.
Mengenal Roman Avdeev, Pengusaha Muda yang Punya 23 AnakFoto: dok. Successstory.com





Tonton juga 'Deretan Orang Terkaya di Indonesia, 3 di Antaranya Berusia 40-an':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com