Follow detikFinance
Jumat, 02 Nov 2018 09:54 WIB

'Tiba-tiba' Tajir Melintir karena Warisan Bos Kosmetik

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Francoise Bettencourt/Dok: Forbes Foto: Francoise Bettencourt/Dok: Forbes
Jakarta - Sebelum Alice Walton menempati posisi wanita terkaya di dunia saat ini, predikat tersebut diisi oleh seorang Francoise Bettencourt Meyers. Dia adalah putri tunggal dari produsen kosmetik, L'Oreal.

Francoise Bettencourt Meyers mendapatkan warisan dari, L'Oreal setelah ibunya Liliane Bettencourt meninggal dunia. Dia pun tiba-tiba menjadi wanita terkaya di dunia.

Mengutip Forbes, Jumat (2/11/2018), jumlah kekayaan Francoise Bettencourt Meyers mencapai US$ 42,2 miliar atau sekitar Rp 633 triliun. Nilai ini terpaut sekitar US$ 4 miliar dari putri pendiri Walmart, Alice Walton yang memiliki harta US$ 46 miliar. Namun Francoise bisa dipastikan merupakan wanita terkaya di daratan Eropa.


Melansir Business Insider, Ibu Francoise, Liliane Bettencourt meninggal pada 2017 lalu. Dia tutup usia di umurnya yang ke 94 tahun sebagai wanita terkaya di dunia.

Kepemilikan perusahaan berpindah tangan kepada anaknya Francoise Bettencourt Meyers. Status wanita terkaya di dunia pun berpindah ke wanita yang berusia 64 tahun itu.

Keluarga Bettencourt sendiri merupakan pendiri L'Oreal. Hingga Mei 2017 keluarga itu memiliki 33% saham di perusahaan yang bernilai US$ 107,5 miliar itu.

Ditarik mundur ke belakang lagi, ayah Liliane Bettencourt, Eugene Schueller adalah yang semula mendirikan perusahaan pada tahun 1907. Dan ketika dia meninggal, Liliane Bettencourt juga merupakan satu-satunya ahli warisnya.


Sebagai satu-satunya anak Bettencourt, Francoise Bettencourt Meyers, akan mewarisi, dan harus menerima setidaknya separuh harta ibunya.

Pada tahun 2011, dia juga tercatat memiliki beberapa properti seperti sebuah vila bergaya Klasik di pinggiran Paris, Neuilly-sur-Seine, lalu sebuah rumah di lepas pantai Brittany, dan sebuah pulau terpencil di Seychelles.

Francoise sebelumnya menjabat sebagai presiden di yayasan sosial milik keluarganya sendiri yakni Yayasan Bettencourt Schueller. Dia juga merupakan penulis buku tentang Mitologi Yunani dan hubungan Yahudi-Kristen.

Dia menikah dengan Jean Victor Meyers, cucu seorang rabi yang dibunuh di Auschwitz. Pernikahan itu kontroversial, karena kakeknya sendiri, Eugène Schueller diadili karena berkolaborasi dengan rezim Nazi.

Tapi ini bukan satu-satunya permasalahan hingga ke meja hijau yang pernah dia dan keluarganya hadapi. Pada tahun 2008, Francoise mengajukan pengaduan pidana terhadap seorang fotografer Perancis terkenal yang merupakan teman lama ibunya.

Dia menuding bahwa fotografer itu memanfaatkan keadaan mental ibunya yang bingung, untuk menipu ahli waris lebih dari US$ 1 miliar dalam bentuk uang tunai dan hadiah. Kasus ini dikenal sebagai "The Bettencourt Affair."

Penyelidikan itu menimbulkan gesekan antara dia dan ibunya. Hubungan mereka berangsur baik setelah gugatannya dikabulkan pada 2010.

Namun, pada Oktober 2011, seorang hakim memutuskan bahwa Francoise Bettencourt secara mental tidak layak untuk mengelola kekayaan keluarga. Akhirnya ditempatkanlah atas nama hukum kepada anak perempuan dan cucunya. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed