Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Nov 2018 08:25 WIB

Cerita Sukses

Kisah Steve Ballmer, Anak Buah Bill Gates Berharta Rp 628 T

Danang Sugianto - detikFinance
Steve Ballmer. Foto: Getty Images Steve Ballmer. Foto: Getty Images
Jakarta - Microsoft adalah perusahaan di bidang perangkat lunak komputer yang paling menonjol dalam tiga dekade terakhir. Perusahaan milik orang terkaya di dunia, Bill Gates itu telah membantu hampir seluruh pegawai kantoran di dunia.

Di balik kesuksesan Microsoft juga ada nama Steve Ballmer. Dia adalah salah satu orang yang paling berjasa atas berkembangnya perusahaan.

Mengutip Forbes, Rabu (14/11/2018), Steve Ballmer memiliki harta US$ 41,9 miliar atau setara Rp 628,5 triliun (kurs Rp 15.000). Jumlah tersebut menempatkannya pada urutan ke-14 orang terkaya di AS atau ke-22 di dunia.

Steve Ballmer lahir di Detroit dari pasangan Michigan hingga Frederic dan Beatrice Ballmer. Dia terlahir dari keluarga yang berkecukupan. Namun hal itu tidak membuatnya berpuas diri dan tetap mau bekerja keras.

Tekad baja seperti itu yang menarik perhatian Bill Gates saat baru membangun Microsoft. Ballmer merupakan karyawan ke-30 yang dipekerjakan oleh Bill Gates sebagai manajer.

Ballmer bekerja di Microsoft sejak tahun 1980 setelah dia di-DO dari Stanford University program MBA. Awal dia bekerja juga menjadi titik balik perkembangan Microsoft selama dua dekade berikutnya.


Bekerja selama lebih dari 20 tahun, Ballmer bertanggung jawab atas pertumbuhan dan pengembangan banyak cabang inti perusahaan, termasuk pengembangan sistem operasi, penjualan serta operasi Microsoft.

Ballmer adalah salah satu dari orang-orang utama yang mengembangkan NET Framework, sebuah perangkat lunak yang bekerja dalam sistem operasi Microsoft Windows dan banyak sistem hingga saat ini.

Atas kerja kerasnya Ballmer diangkat menjadi CEO Microsoft pada tahun 2000. Dia memegang kendali atas pengoperasian seluruh perusahaan maupun keuangannya.

Ballmer juga sosok di balik berkembangnya produk-produk Microsoft mulai dari generasi pertama PC hingga teknologi penyimpanan data paling canggih, cloud computing. Dia juga berjasa dalam meningkatkan pendapatan tahunan Microsoft dari US$ 25 miliar menjadi US$ 70 miliar.

Ballmer adalah salah satu orang yang paling menginspirasi dan karismatik dalam sejarah bisnis perusahaan. Meskipun berasal dari latar belakang yang berkecukupan, dia tetap bekerja dengan keras sebagai seorang karyawan.


Dia pensiun dari Microsoft pada 2013. Meskipun sempat ada gesekan dengan Bill Gates, namun Ballmer menjadi contoh seseorang yang sukses dalam karirnya.

Sikapnya juga dikenal sebagai seorang motivator dan mentor yang hebat. Banyak karyawan Microsoft yang mengagguminya karena telah memimpin perusahaan dengan cara yang positif

Pada tahun yang sama saat dia pensiun dari Microsoft, Ballmer kemudian membeli NBA Los Angeles Clippers seharga US$ 2 miliar. (ang/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed