Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Des 2018 07:10 WIB

Perkenalkan, 'Iron Man' dari India Berharta Rp 198 T

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Lakshmi Mittal. Foto: Dok. Reuters. Lakshmi Mittal. Foto: Dok. Reuters.
Jakarta - Mukesh Ambani mungkin lebih terkenal di India karena hartanya yang paling banyak di negeri Bollywood tersebut. Selain karena jumlah hartanya yang membawanya jadi orang terkaya di India, keluarga Ambani juga terkenal royal belakangan lewat sebuah pernikahan mewah yang baru-baru ini terjadi.

Namun nama Lakshmi Mittal juga tak kalah tenarnya. Orang ini memegang predikat orang terkaya nomor tiga di India atau urutan ke-68 di dunia.

Lakshmi Niwas Mittal, merupakan seorang raja baja kelahiran India yang saat ini tinggalnya di Inggris. Dia merupakan ketua dan CEO ArcelorMittal, produsen baja terbesar di dunia.

Dia dikenal dengan julukan Baron Baja di India. Layaknya tokoh Iron Man buatan Tony Stark dalam film Marvel yang di dikenal dengan gaya hidup mewahnya, Mittal juga dikenal luas karena gaya hidupnya yang mewah dan royal untuk keluarganya.

Dikutip dari Forbes, Kamis (13/12/2018), jumlah harta Lakhsmi Mittal mencapai US$ 13,8 miliar atau setara Rp 198,65 triliun (kurs Rp 14.500).

Dia adalah pemilik mayoritas (38%) dari total saham di ArcelorMittal. Selain itu dia juga salah satu pemilik dari klub sepakbola raksasa Skotlandia, Queens Park Rangers F. C. dengan 34% saham di klub tersebut. Ia juga merupakan direktur independen Goldman Sachs dan berada di dewan direksi Perusahaan Pertahanan dan Antariksa Aeronautika Eropa.

Mittal sendiri terkenal karena gaya hidupnya yang mewah dan tentunya kisah suksesnya menjadi pengusaha yang luar biasa. Lakshmi Niwas Mittal lahir pada 15 Juni 1950 di kota Sadalpur di negara bagian Rajasthan.


Mittal lahir dari keluarga Marwari kelas bisnis konservatif di Rajasthan. Ayahnya, Mohan Lal Mittal, menjalankan bisnis baja, Nippon Denro Ispat di Rajasthan.

Dia bersekolah Sri Daulatram Nopany Vidyalaya di Kolkata dari tahun 1957 hingga 1964. Dia kemudian menyelesaikan pendidikan dasar di Sekolah St. Xaverius dan meraih gelar Bachelor of Commerce dari University of Calcutta.

Karena pembatasan regulasi untuk pembuatan baja di India, pada tahun 1976 Mittal melebarkan sayapnya ke luar negeri, yakni melalui PT Ispat Indo di Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia.

Hingga tahun 1990-an, keluarga Mittal memiliki pabrik penggilingan baja lembaran dingin di Nagpur dan pabrik baja paduan di dekat Pune yang berlokasi di negara bagian Maharashtra, India. Sekarang, bisnis keluarga tersebut dijalankan secara terpisah dengan pabrik baja terintegrasi besar lainnya dekat Mumbai.

Lakshmi Mittal menikah dengan Usha Mittal dan memiliki dua anak, masing-masing satu putra dan seorang putri. Namun saudara-saudara Mittal menangani sebagian besar bisnisnya di India, sementara putranya tidak memiliki koneksi untuk itu.

Banyak gaya hidup mewah yang dilakoni Mittal selaku pengusaha. Peraih gelar Business Person of 2006 dari Sunday Times tersebut pernah membeli tempat tinggalnya di Inggris dari bos Formula Satu Bernie Ecclestone seharga US$ 128 juta pada tahun 2004. Itu adalah rumah termahal di dunia pada waktu itu di dunia.

Rumah tersebut dihiasi oleh marmer yang bahan bakunya berasal dari tambang yang sama dengan Taj Mahal di India.


Putrinya, Vanisha Mittal, menikah dengan pengusaha dan filantropis, Amit Bhatia sejak 2008. Pernikahan putrinya kala itu adalah pernikahan paling eksklusif kedua yang pernah terjadi di dunia setelah pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana.

Mittal juga memiliki banyak properti skala besar di seluruh negeri, terutama di sekitar London. Dia membeli tiga properti senilai lebih dari US$ 8 miliar di 'Billionaires Row' yang terkenal di Kensington Palace Gardens.

Pada tahun 2005, Mittal membeli sebuah bungalo kolonial seharga sekitar US$ 30 juta di salah satu daerah perumahan paling mahal dan eksklusif di India, 22, Dr. APJ Abdul Kalam Road di New Delhi, dan membangunnya kembali sebagai sebuah rumah.


Tonton video: Melihat Mewahnya Rangkaian Pernikahan Putri Orang Terkaya Asia

[Gambas:Video 20detik]



(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed