Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Des 2018 07:20 WIB

Mantan PNS Jadi Orang Terkaya China Berharta Rp 329 T

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Wang Jianlin. Foto: Reuters Wang Jianlin. Foto: Reuters
Jakarta - "Jangan memulai bisnis hanya untuk menghasilkan uang. Mulailah bisnis untuk membuat perbedaan." Itu adalah sebuah kutipan kalimat dari seorang taipan bisnis asal China, Wang Jianlin yang kini menempati posisi orang terkaya keempat seantero Negeri Tirai Bambu.

Wang Jianlin merupakan pendiri perusahaan properti dan entertainment Dalian Wanda Group. Hartanya mencapai US$ 22,7 miliar atau setara Rp 329,15 triliun (kurs Rp 14.500).

Wang lahir di Provinsi Sihuan, China pada 1954, tepatnya setelah revolusi Komunis. Pada 1970 dia masuk militer hingga 1986 karena orang tuanya adalah anggota tentara China. Setelah lulus, Wang menjadi pegawai pemerintah di Dalian, provinsi Liaoning.

Dari situ, Wang banting setir jadi wirausahawan dengan mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut, bernama Dalian Wanda pada 1990-an.

Sebelumnya Wang Jianlin merajut bisnis dengan merangkak dari bawah. Pada 1989, ia sempat didapuk menjadi manajer umum perusahaan properti, Xigang Residential. Inilah awal karier bisnisnya di properti.

Wang Jianlin sendiri memulai Dalian Wanda Group dengan modal hanya US$ 130.000. Dari modal tersebut, Wang berhasil melahirkan konglomerasi Dalian Wanda Group melalui lima bidang usaha yang berbeda, mulai dari hotel mewah, jaringan toko departemen Cina, properti komersial, industri budaya dan pariwisata.

Bisnis Wang sekarang berkembang pesat, tidak hanya di China. Dia memiliki aset di lebih dari 60 kota di China. Bisnis lengkapnya terdiri dari 40 toko departemen, 46 department store dan masing-masing memiliki 10.000 karyawan.

Dalian Wanda Group mengelola sekitar 25 hotel bintang lima dan bermitra dengan hotel seperti Accor, Hilton, dan Starwood. Kelompok ini memiliki teater terbesar di dunia dengan 700+ layar yang mencakup 440+ layar Imax.


Bukan tanpa usaha, Wang Jianlin juga melewati kerikil hingga bisa seperti sekarang ini. Wang Jianlin pernah mengalami masa sulit pada tahun 1993, ketika pemerintah berhenti memberikan pinjaman kepada perusahaan real estate, serta meminta untuk membayar kembali semua pinjaman yang tertunda yang digulirkan sejauh ini .

Jianlin pun menghadapi banyak tekanan saat itu, bahkan hingga dirawat di rumah sakit selama sekitar satu minggu. Tetapi dia telah belajar sesuatu yang baru dengan pengalaman yang membawanya untuk membangun konglomerasi dunia.

Wang Jianlin membuktikan kepada dunia bahwa tidak ada rahasia khusus untuk sukses. Kemenangan berasal dari persiapan, belajar dari kegagalan dan kerja keras. Menurutnya, bisnis yang hanya untuk menghasilkan uang adalah bisnis yang buruk.

Dalam bisnisnya, Wanda telah membeli perusahaan pemilik jaringan bioskop AS, yaitu AMC seharga US$ 2,6 miliar di 2012 lalu. Kemudian Wanda juga mengakuisisi grup sinema yang berbasis di London, yaitu Odeon & UCI tahun ini seharga US$ 1,2 miliar.

(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed