Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Des 2018 15:48 WIB

Tampil Berkerudung, Sri Mulyani Bicara soal Globalisasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam Kongres Muslimah Indonesia Ke-2 dengan tema 'Ketahanan Keluarga dalam Membentuk Generasi Berkualitas di Era Globalisasi', di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, siang ini.

Sri Mulyani hadir sekitar pukul 14.20 WIB. Dia mengenakan setelan dominan warna hitam dengan kerudung warna krem.

Sri Mulyani mengatakan, globalisasi merupakan dinamika, tantangan, sekaligus peluang bagi Indonesia. Secara sederhana, dia bilang, globalisasi merupakan proses menjadi global.

"Kalau globalisasi didefinisikan simpel global dan sasi berarti proses untuk menjadi global. Di sini muncul hubungan dan batas negara menjadi sangat tipis karena menjadi global," katanya dalam kesempatan tersebut, Senin (17/12/2018).


Dia melanjutkan, dulu batas antar negara dipisahkan oleh garis geografis. Namun, batas-batas itu menipis seiring menyatunya perekonomian dunia serta perkembangan teknologi informasi.

"Perbedaan antara negara itu semakin kecil karena batasnya semakin rendah. Dulu dibatasi pajak yang beda, bea masuk yang beda, peraturan non pajak, kesehatan," ujarnya.

"Namun seiring globalisasi dan ditambah munculnya teknologi digital atau e-commerce, digitalisasi teknologi informasi, maka jarak maupun perbedaan antara negara menjadi mengecil," tambahnya.


Menurut Sri Mulyani, globalisasi membuat arus barang dan modal semakin cepat berpindah. Tapi, globalisasi memberikan peluang karena barang yang diproduksi bisa dijual ke negara lain.

"Globalisasi memberikan kesempatan yang tadinya menjual untuk negara sendiri," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed