Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 19:05 WIB

Cerita CT Jadi Saksi Perdebatan JK & Mar'ie Muhammad saat Krisis 98

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikFinance
Jakarta - Founder and Chairman CT Corp, Chairul Tanjung mengenang awal kedekatannya dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Menurut pria yang beken disapa CT itu mengatakan pertemanan tersebut sejak dia berusia muda.

"Storynya dulu, saya sama Pak JK relatif cukup lama berteman sejak saya masih muda. Dulu yang bikin deket saya sama Pak JK itu Alm Pak Ma'rie Muhammad, Mantan Menteri Keuangan jaman Pak Harto dulu," ujar CT dalam diskusi panel di acara kuliah umum bersama Wapres JK dengan tema Indonesia and The World: Future Trajectory, Opportunity and Challenges di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Dalam diskusi tersebut CT berbincang bersama Wapres JK, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Sofjan Wanandi. CT mengatakan mengenal JK lewat mantan Menteri Keuangan, Mar'ie Muhammad.


Kedekatan CT dengan Mar'ie Muhammad menjadi pintu gerbangnya untuk mengenal JK.

"Jadi dulu Pak JK ini sahabat Pak Mar'ie, dulu setiap pergi ke Makasar pasti pak Mar'ie pasti disambut Pak JK. Nah dulu saya cukup dekat sama pak Mar'ie, dia suka ajak saya ikut pergi juga," kenang CT.

Dia bercerita pernah ngobrol bareng Mar'ie Muhammad dan JK di salah satu hotel di pinggir pantai Makassar, Sulawesi. Di tengah obrolan, Mar'ie Muhammad tiba-tiba izin balik ke kamar dan ditunggu lama hingga 3 jam tak kunjung kembali.


"Nah jadi ada cerita lucu, Pak Mar'ie ini nggak mau kalau ke Makassar ke hotel bintang lima, dia maunya di hotel pinggir laut. Jadi kalau dateng ngobrolah kita bertiga kan. Tiba-tiba Pak Mar'ie ini masuk kamar 2-3 jam nggak keluar, dia tidur," kisah CT.

"Jadi mau nggak mau kita berdua (bersama JK) yang ngobrol, lama lah kita saling diskusi dan saling sharing pengalaman. Di situlah mulai proses persahabatan kita akrab," sambung CT.

Kisah Mar'ie Muhammad dan JK

CT juga mengisahkan salah satu kenangannya tentang hubungan Mar'ei Muhammad dan JK saat Indonesia terguncang krisis ekonomi 1998.

"Kejadian paling luar biasa tuh waktu itu krisis keuangan 98, pada waktu itu Pak Mar'ie undang yang namanya IMF untuk atasi krisis waktu itu. Singkat cerita, Pak Mar'ie dikasih saran lakukan blanket guarantee, jadi bank-bank bermasalah dikasih jaminan," tutur CT

Pada saat itu, CT bercerita, beberapa kali ke rumah Mar'ie saat krisis keuangan. Di sana dia berdiskusi bersama Mar'ie dan JK mengenai solusi untuk mengatasi masalah ekonomi saat itu.

"Orang yang paling keras nentang blanket guarantee itu Jusuf Kalla waktu itu. Saking panasnya perdebatan, persahabatan Pak JK dan Pak Mar'ie itu merenggang. Sampai saya sering disuruh jadi penengah, tapi masih saja Pak JK itu ungkit masalah blanket guarantee," kisah CT.


Menurutnya pengalaman tersebut sangat berbekas di benaknya. CT mengatakan kisah tersebut luar biasa baginya, apalagi dia pun ikut menjadi saksi salah satu sejarah di negeri ini.

"Saya juga tau pasti pak Agus sama KPK masih ribut soal BLBI. Sebelum itu, belum ada blanket guarantee, sejak saat itu Indonesia belum pernah utang. Sampai akhirnya Indonesia sampai sekarang harus nerbitkan Government Bond yang sampai sekarang keterusan," kata CT menutup kisahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com