Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Mar 2019 08:27 WIB

Kisah Inspiratif

Farrah Gray, Miliuner Panutan Pengusaha Muda Sedunia

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Farrah Gray. Foto: dok. Dolce Magazine Farrah Gray. Foto: dok. Dolce Magazine
Jakarta - Farrah Gray adalah salah seorang pengusaha yang punya kisah dari bukan siapa-siapa menjadi siapa-siapa. 'American Dream'-nya membawa dia ke puncak karirnya sebagai seorang tokoh publik dengan kisah inspiratif.

Farrah Gray, tidak seperti kebanyakan anak-anak Amerika pada umumnya. Dia menghabiskan tahun-tahun awalnya dalam kemiskinan akut dan mulai bekerja sejak usianya masih enam tahun.

Dikutip detikFinance dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2019), pekerjaan pertamanya adalah menjual batu untuk ganjalan pintu. Batu tersebut ia hias dengan cat agar nampak menarik meskipun hanya sebagaikan ganjalan pintu.

"Ini adalah semangat pengusaha Dunia Ketiga. Anda harus menciptakan pekerjaan Anda sendiri. Anda tidak sabar untuk mengandalkan Exxon atau Wal-Mart untuk mempekerjakan Anda. Dan itulah semangat yang saya coba ajarkan kepada wirausahawan muda," katanya.

Hidup yang tidak mudah dijalani pria keturunan Afrika-Amerika ini selama bertahun-tahun. Dia bahkan berjalan beberapa kilometer dari pintu-ke-pintu di lingkungannya di Chicago untuk memenuhi kebutuhan dan merawat ibunya yang sakit.

Tahun-tahun berikutnya, dia mencoba beberapa bisnis termasuk perusahaan kartu telepon prabayar, Kidztel, dan perusahaan makanan untuk anak-anak muda bernama Farr-Out Foods.

Di usia 17 tahun, Farrah Gray yang sudah mempunyai usaha bernama Farr-Out food tersebut telah berkantor sendiri di gedung Wall Street, tempat bergengsi bagi pebisnis elit di Amerika. Di tahun tersebut juga, profil Farrah Gray yang dinilai sangat inspiratif akhirnya tersebar, tidak hanya di Amerika namun juga seantero dunia.

Tiga tahun berselang, dia telah mempunyai titel sebagai miliarder berkat bisnisnya yang bernilai jutaan dolar berhasil direngkuhnya. Farrah pun menjadi salah satu miliarder termuda Amerika kala itu.

Pada usia 20, Farrah menerbitkan buku pertamanya, "Reallionaire: Sembilan Langkah untuk Menjadi Kaya di Dalam dan Keluar". Di buku itu Ia mencatat semua pengalaman dan perjalanannya untuk menjadi pria seperti sekarang ini. Ketenarannya berkembang dari nasional ke internasional dan Farrah menjadi ikon kewirausahaan di kalangan pemuda Amerika dan dunia.

Pada 2008, ia menerima penghargaan Under-Forty Class dari The Network Journal, pada 2010, Trumpet Award dan Top 40 Game-Changers Business Urban Roundtable. Dia juga ditampilkan dalam daftar pengusaha kulit hitam terkenal.

Ketika ditanya apa rahasia kesuksesan, Farrah Gray menjawab, "Dalam hidup kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, kita mendapatkan dalam hidup apa adanya kita. Jika kita menginginkan lebih, kita harus bisa menjadi lebih," katanya. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed