Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 10:01 WIB

Kisah Inspiratif

Susanne Klatten, Saudara Bos BMW yang Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Daftar orang-orang terkaya di dunia biasanya ditempati oleh para pria. Namun, wanita-wanita hebat kini juga masuk dalam daftar orang paling tajir sejagat ini.

Ialah Susanne Klatten, wanita kelahiran 28 April 1962 yang berhasil menduduki posisi orang terkaya nomor 46 di dunia atau wanita terkaya nomor 5 di dunia. Mengutip Forbes, hartanya kini mencapai US$ 19,2 miliar atau setara dengan Rp 274 triliun (kurs Rp 14.300).

Susanne merupakan anak dari Herbert Quandt dan Johanna Quandt. Ia juga adalah saudara perempuan dari Stefan Quandt yakni pemegang saham mayoritas di perusahaan otomotif terbesar di dunia, BMW.

Mengutip dw.com wanita berzodiak Taurus ini, merupakan lulusan business finance, kemudian dia memulai pekerjaannya di sebuah perusahaan iklan bernama "Young & Rubicam". Setelah itu, meneruskan sekolah di University of Buckingham dengan mengambil jurusan manajemen pemasaran dan spesialisasi periklanan.

Pada 1989 hingga 1990, Susanne bekerja sebagai asisten manajer di Hubert Burda Media. Kemudian ia melanjutkan pendidikan di Boston.



Saat Sang ayah tutup usia, Susanne mendapatkan warisan 50% saham dari perusahaan milik ayahnya yang bergerak di bidang manufaktur kimia dan farmasi Altana. Ia kini juga menduduki jabatan sebagai komisaris.

Ia turut membantu perusahaan tersebut menjadi perusahaan kelas dunia, dengan pendapatan US$ 4 miliar pada 2004. Dia juga pernah bekerja di bidang finansial, yakni Reuschel & Company Bank, kemudian di Dresdner bank di London.

Susanne juga pernah menjalani kursus marketing dan manajemen di Univesity of Buckingham dan mendapat gelar MBA dari IMD Lausanne untuk spesialisasi periklanan.

Dibalik kesuksesannya, Susanne menyimpan cerita kelam di mana ia pernah hampir diculik saat usianya menginjak 16 tahun. Hal tersebut membuatnya enggan diwawancarai mengenai kehidupan pribadinya.

Hingga hari ini, Susanne mengabdikan hidupnya untuk BMW, perusahaan yang membesarkan nama dan pundi-pundi kekayaannya.



(kil/eds)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com