Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Jun 2019 08:22 WIB

Kisah Inspiratif

Kisah James Ratcliffe, Mantan Karyawan Jadi Orang Terkaya Inggris

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. BBC Foto: Dok. BBC
Jakarta - Sebagian orang Indonesia pasti belum pernah mendengar nama James Ratcliffe. Dia adalah pria berusia 66 tahun yang dinobatkan sebagai orang paling kaya di Inggris.

James Ratcliffe hingga saat ini seniliar US$ 14,3 miliar. Banyak yang menilai perjalanan James Ratcliffe sangat cepat dengan hanya sekitar 25 tahun setelah dia menyudahi sebagai karyawan di sebuah perusahaan.

Pria yang akrab disapa Jim Ratcliffe ini lahir pada 18 Oktober 1952 lahir dari keluarga yang biasa saja. Ayahnya bekerja di bidang konstruksi dan ibunya seorang administrator di sebuah kantor swasta.

Awal pertama kerja, Jim langsung dikontrak oleh ExxonMobil sambil kuliah mengambil master di London School of Business. Hingga usia 35, karirnya terbilang biasa saja. Sampai pada akhirnya dirinya mendapat telepon untuk bergabung ke perusahaan modal ventura.

Di perusahaan tersebut, dirinya mendapatkan gaji yang besar serta mendapatkan mobil BMW jenis terbaru. Lalu, pada tahun 1989 dia memutuskan untuk bekerja di Advent International, selama lima tahun bekerja perusahaan tersebut menjadi besar.

Pengalaman di Advent Internasional menjadi modal bagi dirinya untuk menjalankan bisnis sendiri. Tepat di usia 40 tahun, dirinya menjadi salah satu pendiri perusahaan bernama INSPEC. Sebuah perusahaan yang bisnisnya sangat sederhana.

Perusahaan itu membeli aset berkualitas dari perusahaan dengan modal utang. "Anda tidak dapat berasumsi bahwa mereka dengan bisnis yang buruk. Kami punya beberapa bisnis yang luar biasa," kata dia seperti yang dikutip dari Intelligent Fanatics, Jumat (28/6/2019).


Sampai pada akhirnya, INSPEC berhasil membeli perusahaan asal Amerika Serikat (AS) senilai US$ 11 juta dan langsung melantai di bursa saham dengan nilai US$ 164 juta. Pada tahun 1998, INSPEC dijual seharga US$ 1 miliar dan Jim mendirikan INEOS.

Selama menakhodai INEOS, tercatat Jim Ratcliffe sudah mengakuisisi 22 perusahaan. "Salah satu kunci dalam pengembangan kami adalah membuat orang berperilaku tidak seperti karyawan. Karena jika orang berperilaku seperti pemilik bisnis, maka tidak perlu diawasi karena mereka pada umumnya berusaha keras untuk berhasil dalam bisnis yang mereka kelola," ujar dia.

Sekarang James Ratcliffe terkenal sebagai pendiri dan pemilik saham mayoritas perusahaan petrokimia INEOS. Perusahaan yang dimilikinya itu menjadi perusahaan manufaktur terbesar ketiga di dunia dengan pendapatan US$ 60 miliar dan laba US$ 7 miliar, serta memiliki 15.000 karyawan.




Tonton Video Warren Buffett, Orang Terkaya Dunia yang Senang Berdonasi:

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed