Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 01 Jul 2019 07:07 WIB

Kisah Inspiratif

Rinat Akhmetov, Orang Terkaya Ukraina yang Dituduh jadi Gembong Mafia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rinat Akhmetov. Foto: Dok. Forbes Rinat Akhmetov. Foto: Dok. Forbes
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Jakarta - Rinat Akhmetov, merupakan pemilik holding System Capital Management, perusahaan terbesar di Ukraina dengan bisnis di berbagai sektor. Begini kisah suksesnya.

Rinat lahir pada 21 September 1966 di Donetsk, Ukraina saat masih menyatu dengan Uni Sovyet, lahir dari seorang ibu yang merupakan asisten toko dan ayahnya seorang penambang batu bara. Masa kecil yang cukup sederhana dilalui oleh Rinat.

Meskipun kini sukses, awal karir Rinat dipertanyakan banyak orang, juta-jutaan uang pertamanya digosipkan merupakan hasil yang diperoleh melalui hubungan dirinya dengan kelompok kriminal yang dipimpin Akhat Bragin, bisa dibilang mafianya Ukraina. Tidak ada kejelasan tentang bagaimana ia memperoleh kekayaannya antara tahun 1985-1995 setelah jatuhnya komunisme dan Ukraina menjadi negara baru.

Rinat pernah mengklaim tidak memiliki keterkaitan dengan organisasi kejahatan, dan mengatakan kekayaannya didapatkan dari investasi beresiko saat jatuhnya Uni Soviet. Namun, publik tetap menganggap Rinat memiliki hubungan yang erat dengan organisasi kejahatan dalam mendapatkan kekayaan-kekayaan pertamanya.

Rumornya, Rinat berperan sebagai asisten Akhat Bragin dalam bisnis perdagangan pakaian ilegal. Pada tahun 1990 dikatakan bahwa Rinat telah mulai membeli properti di Donetsk melalui dana yang diperoleh melalui kejahatan yang dia lakukan.


Bahkan, digosipkan juga Rinat memiliki koneksi kental dengan pemerintah dalam menjalankan aksi jahatnya, kabarnya ia sering dibantu Letnan Jenderal Kepala Departemen Dalam Negeri di Oblast Donetsk, Volodymyr Malyshev.

Sudah memiliki uang banyak membuat Rinat tidak memiliki kata puas, pada tahun 2000, Rinat mendirikan Group Capital Management Group, dan terus menjadi pemilik tunggal dari itu.

Perusahaan induk tersebut hingga kini disebut memiliki aset di lebih dari 100 bisnis dan telah berkembang menjadi perusahaan industri dan keuangan terbesar dan terkemuka di Ukraina. Mulai dari bidang telekomunikasi, teknik, keuangan, properti real estate, transportasi, dan ritel.

METINVEST disebut sebagai anak usahanya yang terbesar, yang menguasai bisnis baja, pertambangan batu bara, hingga pembangkit listrik.

Di usia setengah abadnya alias 52 tahun, Rinat memiliki aset kekayaan sebesar US$ 6,5 miliar atau sekitar Rp 91 triliun (dengan kurs Rp 14.000). Dia didapuk sebagai orang terkaya nomer 272 di daftar Milyuner Forbes 2019.



Simak Video "Inspiratif! Anak Tukang Becak Raih Gelar Doktor di Usia 27 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
FOKUS BERITA Sukses dan Kaya Raya
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com