Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 30 Agu 2019 11:16 WIB

5 Fakta Suprajarto yang Tolak Jadi Dirut BTN

Puti Yasmin - detikFinance
5 Fakta Suprajarto yang Tolak Jadi Dirut BTN/Foto: dok. BRI 5 Fakta Suprajarto yang Tolak Jadi Dirut BTN/Foto: dok. BRI
Jakarta - Mantan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto menolak keputusan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Kementerian BUMN kemarin. Dalam putusannya, ia ditunjuk menjadi Direktur Utama Bank Tabungan Negara.

Tak berselang lama dari keputusan itu, Suprajarto memilih mundur dari posisi Dirut BTN dan memilih untuk melepas penat dari kesibukan. Hal itu lantaran, ia mengaku tak diajak bicara mengenai posisi barunya.



Nah, berikut fakta-fakta Suprajarto yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber:

1. Lulusan UPN Yogyakarta

Suprajarto merupakan lulusan S-1 Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional 'Veteran' Yogyakarta. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di S-2 Manajemen Pemasaran dan S-3 Manajemen Bisnis di Universitas Padjajaran Bandung.

2. Pernah di BNI

Sebelum menjadi orang nomor satu di BRI, Suprajarto pernah menjabat di Bank Negara Indonesia (BNI). Kala itu, pria yang lahir tahun 1956 ini menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BNI.

3. BRI

Pada tahun 2017 melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) BRI, ia diangkat menjadi Direktur Utama. Suami artis senior Jenny Rachman itu menggantikan posisi Asmawi Syam yang posisi jabatannya habis.



4. Laba BRI Paling Tinggi

Selama membawahi BRI, Suprajarto memiliki kinerja yang baik. Hal itu tercatat dari perolehan laba bersih BRI hingga akhir Juni 2019 mencapai Rp 16,16 triliun. Angka ini menjadi yang paling tinggi di antara bank BUMN lainnya.

5. Tolak Dirut BTN

Suprajarto menolak keputusan RUPSLB yang menetapkan dirinya sebagai Dirut BTN. Setelah pengunduran diri tersebut, ia memilih untuk menikmati masa santai dan menggelar acara pernikahan anaknya.

"Saya mohon doanya karena pada 31 Agustus 2019 saya ada acara resepsi pernikahan yang paling kecil. Mohon doanya dan silakan hadir nanti di Ritz Carlton," tutup Suprajarto.


5 Fakta Suprajarto yang Tolak Jadi Dirut BTN


Simak Video "Eks Dirut BRI Tolak Dirombak Jadi Bos BTN"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com