Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 10:50 WIB

Suharso Monoarfa, Menteri Perumahan SBY Jadi Kepala Bappenas

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Fuad Hasim Foto: Fuad Hasim
Jakarta - Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dipanggil ke istana oleh Presiden Joko Widodo. Hari ini, Jokowi memperkenalkan Suharso sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas.

Siapa sebenarnya Suharso? Berikut profilnya:

Suharso lahir di Mataram pada 31 Oktober 1954. Ia menjalani pendidikan di Akademi Pertambangan dan Geologi Institut Teknologi Bandung tahun 1975.
Ia memulai karir politik saat lolos menjadi anggota DPR pada 2004-2009 dan 2009-2014. Ia sebelumnya juga pernah menjadi Menteri Perumahan Rakyat pada periode presiden SBY sebelum digantikan Djan Faridz.

Dia pernah menjabat sebagai ketua Majelis Pertimbangan PPP. Pada 19 Januari 2015, Suharso dilantik sebagai Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Suharso juga pernah menjadi peneliti atau project leader master plan pengembangan Bandung Raya, Penelitian dengan lembaga Bantuan ITB pada 1976.
Selanjutnya dia meneliti tingkat kemiskinan dan disparitas pendpatan beberapa kota besar di pulau Jawa. BRM Bandung. Lalu dia juga menjadi Direktur Penerbitan IQRA Bandung.

Selain itu, Suharso juga pernah menjabat sebagai pemimpin usaha Harian Majalah Mobil Motor. Kemudian dia masuk dalam PT Bukaka Teknik Utama menjadi Asisten Direktur, Corporate Secretary.

Suharso juga menduduki posisi Direktur PT BUkaka Telekomindo Internasional dan Komisaris Utama PT Agro Utama Global pada 1992 sampai 2002.

Simak Video "Suharso Usai Bertemu Jokowi: Saya Diminta Siapkan Roadmap"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com