Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 12:22 WIB

Sri Mulyani, Menteri Jokowi yang Suka Baca Sirah Nabawiyah

Erwin Dariyanto - detikFinance
Sri Mulyani, Menkeu Jokowi yang suka baca Sirah Nabawiyah (Andhika Prasetia/detikcom) Sri Mulyani, Menkeu Jokowi yang suka baca Sirah Nabawiyah (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sri Mulyani Indrawati kembali diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 itu menjadi salah satu anggota Kabinet Indonesia Maju Jokowi - KH Ma'ruf Amin.

Ini adalah ketiga kalinya bagi Sri Mulyani yang mantan Direktur Bank Dunia itu menjadi Menteri Keuangan. Dia menjadi menteri di dua presiden yang berbeda, yakni: Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi.

Selama menjadi menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati banyak mendapat penghargaan. Antara lain Menkeu Terbaik di Asia Pasifik 2018 versi majalah keuangan asal Hong Kong, FinanceAsia.



Di sela kesibukanya sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani masih menyempatkan membaca buku. Dia biasa meluangkan waktu untuk membaca di malam hari sebelum tidur, atau saat dalam perjalanan jauh dengan pesawat.

"Aku kan orangnya late sleeper, selalu di atas jam 10 malam. Atau kalau dalam perjalanan di pesawat, daripada nonton TV saya pilih membaca," kata dia kepada Tim Blak blakan detikcom, Rabu 25 April 2019.

Salah satu buku bacaan favoritnya yakni kisah hidup tentang Rasulullah Muhammad SAW, Sirah Nabawiyah. Dia mengaku membaca Sirah Nabawiyah yang ditulis Muhammad Husain Haekal. Juga riwayat Muhammad karya Karen Amstrong.

"Sirah Nabawiyah ada enam jilid saya punya dan sudah membacanya. Juga yang Karen Amstrong," kata Sri Mulyani.

Jenis buku lain yang disukainya adalah buku-buku cerita investigatif. Misalnya buku Bad Blood karya John Carreyrou. Sedangkan untuk novel dia mengaku terakhir membaca buku karya Dan Brown, Digital Fortress.

Selain membaca, Sri Mulyani Indrawati juga hobi menyanyi, main musik, juga olahraga voli. Kerja keras dan doa adalah resep dia menjadi menteri keuangan terbaik sehingga dipilih lagi oleh Jokowi.



(erd/nwy)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com