Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Nov 2019 10:46 WIB

Ciputra, Konglomerat di Balik Pembangunan Taman Impian Jaya Ancol

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: ist. Foto: ist.
Jakarta - Pengusaha nasional Ciputra baru saja menghembuskan nafas terakhirnya. Ia berpulang Rabu (27/11/2019) dini hari di Singapura. Sebagai pengusaha, ia banyak berkontribusi dalam pembangunan ibu kota Jakarta.

Mengutip keterangan resmi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, pria kelahiran 24 Agustus 1931 ini berkontribusi dalam pembangunan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol.


Pria yang akrab disapa Pak Ci ini dipercaya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Gubernur Soemarno. Kemudian, dilanjutkan oleh Gubernur Ali Sadikin yang menunjuk langsung untuk memimpin proyek pembangunan kawasan rekreasi Taman Impian Jaya Ancol atau yang disebut sebagai Badan Proyek Pembangunan (BPP) Ancol.

Ciputra berkontribusi dari mulainya pembangunan kawasan rekreasi pantai Ancol sampai unit-unit rekreasi yang ada di dalamnya seperti Pasar Seni, Gelanggang Renang (Atlantis Water Adventures), Gelanggang Samudra (Ocean Dream Samudra), Dunia Fantasi dan resort tepi pantai Putri Duyung Ancol.

Ciputra merupakan pendiri Grup Jaya yang membangun kawasan tersebut.


"Kami sebagai bagian dari grup Jaya yang turut dibesarkan oleh beliau, menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya almarhum Bapak Ciputra. Banyak sekali jasa beliau dalam pembangunan Ancol sebagai kawasan rekreasi terpadu," kata Direktur Utama Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali.

"Semua dituangkan dalam gagasan dan karya yang luar biasa yang sampai hari ini kita semua menikmati karyanya dan akan terus kami lanjutkan sebagai warisan yang sangat berharga" tambahnya.

Simak Video "'Ciputra' dan 'Pak Ci' Jadi Trending Topic Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com