Keren! Sri Mulyani Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 13 Des 2019 19:11 WIB
Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar 100 wanita berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Sri Mulyani menempati posisi ke 76 dalam daftar yang berjudul The World's 100 Most Powerful Women tersebut.

Dalam daftar tersebut, wanita kelahiran Lampung ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia. Sri Mulyani bersanding dengan Angela Markel, Christine Lagarde, Oprah Winfrey, Queen Elizabeth II, Beyonce hingga Greta Thunberg.

Sri Mulyani merupakan wanita yang memiliki pengalaman segudang di bidang perekonomian Indonesia dan dunia. Sebelum menjabat Menteri Keuangan di era Presiden Joko Widodo, Sri Mulyani sempat menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia.

Sebagai Menteri Keuangan ia mampu meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi perpajakan dengan memperlyas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Sri Mulyani tahun lalu menerima penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di dunia. Saat menjalankan tugas di Bank Dunia dia juga mempromosikan kesetaraan gender.

Sri Mulyani kembali ke perannya sebagai menteri keuangan untuk Indonesia setelah menjabat sebagai direktur pelaksana dan COO Bank Dunia.



Sebagai menteri keuangan, ia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang akan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Tahun lalu, Sri Mulyani menerima penghargaan Menteri Terbaik bergengsi di KTT Pemerintah Dunia atas upayanya untuk mengimplementasikan reformasi.

Saat berada di Bank Dunia, ia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Wanita yang hobi voli tersebut menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia dari 2005 hingga 2010, membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi.

Singkat cerita, pada 2008-2009 dia pernah menjadi Pelaksana Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Boediono yang saat itu dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI).

Namun, pada 1 Juni 2010 ia memilih untuk bergabung di World Bank sebagai Direktur Pelaksana. Jabatan tersebut ia emban hingga 2016, sebelum akhirnya dipinang Presiden Joko Widodo untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, sejumlah penghargaan bergengsi pun berhasil diraihnya. Mulai dari penghargaan menteri keuangan terbaik versi majalah Finance Asia. Perempuan kelahiran Bandar Lampung itu mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dunia tiga kali berturut-turut.

Kini, Sri Mulyani kembali dipercaya untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Sri Mulyani merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia.



Simak Video "Sri Mulyani Akui PSBB Jadi Biang Kerok Ekonomi RI Minus"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)