Profil Iman Brotoseno, Sutradara yang Geser Helmy Yahya dari Dirut TVRI

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 12:11 WIB
iman brotoseno
Iman Brotoseno. Foto: Dok. Twitter @imanbr
Jakarta -

Iman Brotoseno yang terkenal sebagai sutradara resmi ditunjuk oleh Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI sebagai Direktur Utama (Dirut) menggantikan Helmy Yahya.

Iman resmi menggantikan Helmy dari jabatannya setelah lolos 6 tahapan seleksi. Helmy sendiri resmi dicopot dari jabatan Dirut pada 16 Januari 2020 lalu setelah melalui konflik yang dengan Dewas TVRI sejak akhir 2019.

Iman adalah seorang sutradara film, ia merupakan sosok di balik suksesnya film 3 Srikandi. Tak hanya itu, Iman juga merupakan sutradara iklan, dokumenter, dan video klip musik. Melalui blog pribadinya, Iman menuliskan karya-karyanya itu bisa disaksikan melalui Youtube dan Vimeo.

Iman merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan film production di London, United Kingdom (UK).


Iman pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Pada tahun 2007, ia pernah menjabat sebagai Chairman Pesta Blogger, dan Presiden dari ASEAN Blogger Community.

Di sela-sela kesibukannya, Iman menggeluti cabang olah raga menyelam ke pelosok-pelosok Indonesia. Ia juga merupakan instruktur selam dari Professional Association of Diving Instructors (PADI).

Sebagai informasi, Iman rencananya dilantik dan diambil sumpah sebagai Dirut TVRI hari ini, Rabu (27/5), di Gedung Penunjang Operasional (GPO) TVRI, Senayan, Jakarta. Sumpah jabatan akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mulai pukul 11.00 WIB.

"Beliau langsung menjabat setelah pelantikan. Hari ini pelantikan khusus dirut, di gedung TVRI lantai 3. Yang melantik dewas," kata Arief kepada detikcom, Rabu (27/5/2020).



Simak Video "Dirut TVRI soal Pencopotan Ketua Dewas oleh DPR: Tak Pengaruhi Kinerja"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)