Fakta Menarik Iman Brotoseno, Dirut TVRI yang Gantikan Helmi Yahya

Lusiana Mustinda - detikFinance
Rabu, 27 Mei 2020 15:41 WIB
iman brotoseno
Iman Brotoseno. Foto: Dok. Twitter @imanbr
Jakarta -

Seleksi calon Direktur Utama Pengganti Antarwaku (PAW) TVRI sudah berakhir. Dewan Pengawas menetapkan Iman Brotoseno sebagai Dirut periode 2020-2022 menggantikan Helmy Yahya.

Iman Brotoseno resmi terpilih untuk menggantikan Helmy Yahya yang dicopot dari kursinya pada 16 Januari 2020 lalu. Dalam proses pemilihan, ada 29 kandidat seperti Farid Subkhan, Charles Bonar Sirait hingga Suryopratomo. Namun setelah melalui berbagai tes mulai dari assesment hingga fit and proper test akhirnya Iman Brotoseno.

Berikut profil Iman Brotoseno:

1. Pendidikan


Iman Brotoseno pernah mengenyam pendidikan di tiga tempat. Pertama ia pernah menempuh pendidikan di Canisius College, Jakarta. Kemudian ia juga pernah menimba ilmu di National Film & Television School, London dan Universitas Indonesia Fakultas Hukum.

2. Pekerja Seni


Iman Brotoseno adalah pekerja seni. Ia dikenal sebagai sutradara film, iklan dan dokumenter. Pernah juga mengerjakan beberapa proyek sinetron FTV dan video klip.

Iman juga merupakan Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Di sela-sela kesibukannya, ia masih menulis artikel gaya hidup, perjalanan, pariwisata hingga menulis tentang film di beberapa majalah.

Iman juga sangat gemar membaca mulai dari kolom olahraga, cerpen, sastra Indonesia hingga biography tokoh.

3. Sutradara Film '3 Srikandi'


Iman bergelut di dunia film sejak tahun 1998 dan menjadi seorang sutradara. Salah satu film yang disutradarai oleh Iman adalah "3 Srikandi". Ini merupakan film biopik tahun 2016 yang bercerita tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang meraih medali pertama di ajang Olimpiade Seoul.

4. Penulis


Iman Brotoseno sangat gemar menulis. Ia pun memiliki blog pribadi bernama imanbrtoseno.com. Dalam dunia jurnalistik, Iman pernah menjadi kontributor untuk National Geographic Indonesia, Playboy Indonesia hingga Majalag Chic Photo Video.

5. Dirut TVRI PAW 2020-2022


Pria yang hobi menyelam ini akhirnya terpilih menjadi Direktur Utama Pengganti Antawaktu (PAW) LPP TVRI periode 2020-2022 pada Selasa (26/05/2020).

Iman dinyatakan telah berhasil menyelesaikan tahapan seleksi mulai dari administrasi, assessment test hingga uji kepatutan dan kelayakan oleh Dewan Pengawas TVRI.

Sebagai informasi, Iman dilantik dan diambil sumpah sebagai Dirut TVRI hari ini, Rabu (27/5), di Gedung Penunjang Operasional (GPO) TVRI, Senayan, Jakarta. Sumpah jabatan akan dipimpin langsung oleh Ketua Dewas TVRI Arief Hidayat Thamrin mulai pukul 11.00 WIB.



Simak Video "Iman Brotoseno, Dari Sutradara Kini Ganti Helmy Yahya Jadi Dirut TVRI"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)