Luhut Cerita Masih Rajin Lari 6 Kali Seminggu di Usia 73 Tahun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 23:00 WIB
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan saat wawancara untuk detikcom di acara Blak-blakan, Kamis (19/7).
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bicara soal prinsip militer yang bisa diterapkan dalam kehidupan para anak muda di Indonesia. Ada tiga yang dikatakannya, anak muda harus tanggap, tanggon, dan trengginas.

"Saya kan lulusan tentara dulu, ada prinsip yang cocok untuk dipakai anak muda, yaitu tanggap, tanggon, trengginas," kata Luhut dalam sebuah diskusi online via Zoom, Jumat (5/6/2020).

Bahkan dia sempat bercerita karena prinsip trengginas, sampai kini meski umur 73 tahun dirinya masih rajin dan disiplin untuk melakukan olah raga lari demi menjaga kelincahan dan kesehatan tubuhnya.

Dimulai dari awal, Luhut bercerita soal sikap tanggap, anak muda menurutnya harus memiliki kecerdasan dan selalu memperbaharui ilmunya.

Kemudian dia bicara soal tanggon, anak muda menurutnya harus memiliki mental dan integritas tinggi. Apalagi dalam menjaga profesionalitas dalam profesi.

"Tanggap itu kau jaga kecerdasanmu update ilmumu. Tanggon itu hatimu, mentalmu, integritasmu baik. Kalau kau melacurkan profesionalmu kepada orang lain you are nothing. Kamu katakan benar ya benar, salah ya salah," ujar Luhut.

Baru lah Luhut bicara soal anak muda mesti trengginas, dia mengatakan tubuh harus sehat dan menjaga hidup yang disiplin. Bahkan dirinya yang sudah umur 73 tahun pun masih disiplin mengolah dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Luhut bercerita dalam seminggu dia bisa melakukan olah raga lari selama 6 kali, sekali sesi bisa memakan waktu hingga satu jam.

"Lalu trengginas kamu harus sehat harus, hidup disiplin pada dirimu. Saya ini umur 73 tahun, saya masih lari 5 kali seminggu mungkin 6 kali malah rata-rata 40 menit sampai satu jam saya lakukan, karena itu kebiasaan saya. Kalau itu kamu lakukan insyaallah akan bagus," jelas Luhut.

Luhut pun menambahkan anak muda harus menghindari perbuatan tidak baik. Menurutnya, alam selalu mengawasi setiap perbuatan manusia, apabila manusia melakukan perbuatan buruk alam akan membalasnya.

"Kalau tidak ada disiplin pada dirimu, lalu kau merasa paling pintar, paling baik, kau menjahati orang saja, maka kamu akan terima buahnya nanti. Alam ini tidak pernah diam, alam ini akan menghukum kamu," ujar Luhut.



Simak Video "Kasus Aktif Covid-19 Indonesia di Bawah Rata-rata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)