Kisah Inspiratif

Terkaya Nomor 6 Dunia, Ini Dia Bos e-Commerce Terbesar dari Jepang

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 08:55 WIB
Rakuten
Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta -

Siapa yang tidak mengenal Rakuten? Di Jepang, Rakuten adalah nama besar di jagat e-commerce. Bahkan, e-commerce ini sempat dikembangkan juga di Indonesia beberapa tahun silam, meski akhirnya tumbang dengan sendirinya. Siapa sosok di balik raksasa e-commerce Jepang tersebut?

Rakuten didirikan di Jepang tahun 1997 oleh sosok bernama Hiroshi Mikitani yang sekarang adalah CEO perusahaan itu. Rakuten dalam bahasa Jepang berarti optimisme. Sejak itu, pertumbuhan Rakuten di Negeri Sakura tak terbendung.

Sejak tahun 2013, Rakuten sudah membukukan pendapatan hingga US$ 5,3 miliar. Mereka pun saat itu langsung masuk daftar atas perusahaan internet terbesar dari segi pendapatan. Sejak itu, Rakuten rajin mendiversifikasi kekayaan perusahaan tersebut ke berbagai perusahaan lainnya.

Pada 2014 lalu, Rakuten menghabiskan US$ 900 juta untuk membeli layanan olah pesan pesaing WhatsApp di Jepang bernama Viber.

Setahun kemudian, tepatnya di 2015, Rakuten juga menginvestasikan US$ 300 juta di perusahaan digital transportasi bernama Lyft, pesaing Uber di Jepang. Mikitani saat itu langsung bergabung dengan dewan Lyft.

Saat ini, mengutip Forbes, pada pembukuan terakhir 2019, untuk pertama kalinya Rakuten mencatatkan kerugian hingga US$ 301 juta sejak 2011.

Hingga membuat perusahaan terpaksa menunda peluncuran layanan mobile terbaru mereka tahun itu yang senilai US$ 5,5 miliar. Namun, pada akhirnya diluncurkan juga pada April 2020 lalu.

Meski sempat merugi di 2019, akan tetapi Mikitani, pendiri sekaligus CEO Rakuten tetap berhasil masuk ke jajaran 50 orang terkaya di 2020 versi Forbes. Bahkan, Mikitani berada di posisi ke-6 daftar orang terkaya di dunia. Total kekayaan Mikitani kini mencapai US$ 5,8 miliar setara Rp 81,2 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

Seperti apa perjalanan hidup Mikitani hingga bisa menduduki jajaran orang terkaya di dunia? klik halaman selanjutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2