Mengenang Ennio Morricone, Komposer yang Masuk Jajaran Terkaya Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 09:52 WIB
ennio Morricone
Ennio Morricone. Foto: Dok. BBC.
Jakarta -

Ennio Morricone meninggal dunia di usia 91 pada Senin 6 Juli 2020 waktu Roma. Morricone dikenal sebagai komposer yang banyak menghasilkan lagu untuk film nominasi Oscar.

Pria kelahiran Italia itu masuk jajaran terkaya dunia dengan harta US$ 50 juta (Rp 725 miliar). Seperti dikutip dari BBC, Selasa (7/7/2020), Morricone sepanjang kariernya sudah menghasilkan musik untuk lebih dari 500 film dan serial televisi.

Selain itu, dia juga sudah menjual 70 juta album musik di seluruh dunia. Kurang lebih 60 film yang memakai musiknya dinominasikan untuk dapat penghargaan Oscar.

Pria yang dilahirkan pada November 1918 ini dinobatkan sebagai salah satu musisi paling berpengaruh di sejarah dunia musik.

Morricone memulai kariernya dengan menjadi teknisi alat musik di RCA pada tahun 1950an. Namanya mulai dikenal setelah merangkai musik untuk film-film koboi Hollywood yang mengambil gambar di Italia. Ia juga menulis lagu resmi untuk perayaan Piala Dunia FIFA 1978.

Beberapa sutradara yang pernah kerja bareng Morricone di antaranya John Carpenter, Barry Levinson, Quentin Tarantino, Brian De Palma, Mike Nichols, dan Oliver Stone.

Musiknya juga bisa didengar di film The Untouchables, Bugsy, The Thing, In the Line of Fire, Disclosure, dan Mission to Mars. Sutradara asal Italia, Giuseppe Tornatore, sudah meminta Morricone mengerjakan musik untuk filmnya sejak 1988.

The Sopranos, The Simpsons, dan film-film besutan Quentin Tarantino seperti Kill Bill , Inglourious Basterds, Django Unchained, dan The Hateful Eight juga menggunakan musik Morricone.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2