Rekam Jejak Eks Orang Terkaya RI yang Terancam Bui di Singapura

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 14:02 WIB
Tak ada yang tak mengenal patung merlion. Tak hanya menjadi ikon nasional, merlion pun menjadi daya tarik andalan pariwisata Singapura, tepatnya di Merlion Park
Singapura/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Taipan asal Indonesia Kris Taenar Wiluan tengah tersangkut kasus di Singapura. Pengusaha ini diduga melakukan pelanggaran terkait manipulasi saham.

Mengutip laman KS Energy, Kamis (6/8/2020), Kris ialah Chairman dan CEO KS Energy. Ia merupakan pendiri Citramas Group yakni sebuah grup usaha yang didirikan pada 1980, di mana memiliki sekitar 3.000 tenaga kerja di Batam.

Grup tersebut memiliki sejumlah lini bisnis di antaranya peralatan untuk aktivitas perminyakan, logistik, dan pengembangan infrastruktur yang meliputi kawasan industri, digital park dan terminal feri, bisnis rekreasi termasuk marina, lapangan golf dan resor, studio animasi, dan produksi film.

Ia juga merupakan komisaris utama PT Citra Tubindo Tbk dan PT Citra Bonang, produsen dan distributor bahan kimia industri dan produk makanan yang berbasis di Jakarta.

Wiluan merupakan lulusan London University dengan gelar BSc Honours di bidang Matematika dan Ilmu Komputer.

Pada tahun 2007 Wiluan mendapat penghargaan CEO of The Year oleh Bisnis Indonesia. Pada tahun berikutnya, ia mendapat penghargaan The Best CEO 2008 oleh majalah SWA.

Tak hanya itu, ia juga pernah mendapat penghargaan Entrepreneur of the Year di tahun 2009 oleh Ernst & Young Indonesia dan Asia's Most Influential Cover Personalities Awards dari Fortune Times pada 2015.

Sebagai informasi, pada 2009 lalu Forbes mencatat nama Kris di dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ia berada di urutan 40 daftar tersebut dengan kekayaan US$ 240 juta.



Simak Video "Buntut Corona, SoftBank Jual 198 Juta Lembar Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)