Perjalanan Karier Chadwick Boseman Pemeran Black Panther

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 29 Agu 2020 11:27 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: Chadwick Boseman attends the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Chadwick Boseman/Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta -

Duka mendalam tengah menyelimuti industri perfilman Hollywood. Pemeran Black Panther Chadwick Boseman meninggal dunia di usianya yang ke-43 tahun.

Aktor Marvel itu tutup usia pada Jumat (28/8) di kediaman pribadinya di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Boseman meninggal akibat penyakit kanker usus yang dideritanya selama empat tahun belakangan ini.

Sebelum tutup usia, Boseman telah menoreh banyak pencapaian yang bisa menjadi inspirasi bersama. Berikut perjalanan karier mendiang Boseman yang dirangkum detikcom.

Aktor berkebangsaan AS ini memiliki nama lengkap Chadwick Aaron Boseman. Ia lahir pada 29 November 1976 di kota Anderson, Carolina Selatan, AS sebagai anak tunggal dari pasangan Carolyn dan Leroy Boseman.

Kedua orang tuanya tidak memiliki latar belakang dari dunia hiburan. Ayahnya bekerja di industri tekstil sekaligus menjalankan bisnis dan ibunya bekerja sebagai perawat.

Untuk itu, Boseman yang sedari dini memiliki ketertarikan pada dunia seni peran, langsung melanjutkan kuliah di Howard University Washington, D.C. untuk gelar Sarjana Seni Murni (Bachelor of Fine Arts/BFA). Lalu, menyambung lagi pendidikan seninya di British American Drama Academy di Oxford, Oxfordshire.

Ia memulai kariernya di dunia seni peran sebagai aktor panggung teater. Beberapa pentas teater yang pernah ia mainkan adalah Breathe, Romeo and Juliet, Bootleg Blues, Zooman, dan Willie's Cut and Shine.

Boseman bahkan sempat memenangkan penghargaan AUDELCO untuk perannya sebagai remaja E.J. dalam pentas teater berjudul Urban Transitions: Loose Blossoms tahun 2002.

Selain aktif berkarier sebagai aktor teater, ia juga sempat menulis beberapa drama teater yang diberi judul Hieroglyphic Graffiti, Deep Azure dan Rhyme Deferred. Ia juga sempat menyutradarai sejumlah produksi panggung teater serta film pendek yang berjudul Blood Over a Broken Pawn.

Hingga akhirnya, Boseman pertama kali muncul di layar kaca sekitar pertengahan 2000-an. Saat itu, ia menjadi pemeran figuran di drama kriminal seperti Third Watch dan CSI: NY dan di sinetron All My Children.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Pada tahun 2008, Boseman mulai mendapat peran berulang mulai dari serial televisi Lincoln Heights. Kemudian, mulai terjun sebagai aktor layar lebar dari film The Express.

Lalu, di 2010 ia mulai mendapat peran penting dalam sebuah serial televisi. Saat itu ia berperan sebagai Graham McNair, seorang sersan muslim dalam serial televisi musim panas berjudul Persons Unknown.

Barulah di 2012, Boseman mulai menjadi pemeran utama dalam sebuah film indie berjudul The Kill Hole yang disutradarai oleh Mischa Webley.

Setelah itu di 2013, ia kembali dipercayai sebagai pemeran utama untuk film biografi berjudul 42, yang menceritakan tentang kisah pemain bisbol legendaris yang mendobrak batasan ras dan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang bermain di pertandingan mayor di abad ke-20. Di film itu ia berperan sebagai Jackie Robinson.

Setelah peran utamanya di film 42, karier Boseman terus meningkat. Dia dinobatkan sebagai Male Star of Tomorrow oleh National Association of Theater Owners.

Di 2014, ia langsung kebanjiran peran dari berbagai proyek film. Pertama sebagai lawan main Kevin Costner dan Jennifer Garner dalam film sepak bola berjudul Draft Day. Kedua sebagai James Brown dalam film Get on Up, yang menuai banyak pujian.

Boseman selanjutnya muncul di film Gods of Egypt pada tahun 2016 sebagai Thoth. Lalu, membintangi film thriller balas dendam berjudul Message from the King yang ditayangkan perdana di Festival Film Toronto.

Masih di tahun yang sama, Boseman bergabung dengan Marvel Cinematic Universe. Ia langsung mendapat peran T'Challa atau Black Panther untuk film Captain America: Civil War, film Marvel pertama yang dia mainkan.

Lalu, di tahun 2018, Boseman menjadi pemeran utama untuk closeup superhero-nya di film berjudul Black Panther. Film ini tidak hanya memecahkan rekor box office namun juga mampu meraup omzet hingga sekitar US$ 218 juta.

Boseman sebagai Black Panther kemudian kembali mengambil peran dengan Iron Man, Thor, Captain America, dan kelompok Marvel lainnya di layar lebar Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019).



Simak Video "Kado Ultah Disney untuk Chadwick Boseman"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)