Kisah Inspiratif

Berharta Rp 68 T, Kakek Ini Pernah Jadi Loper Koran hingga Caddy Golf

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 06 Okt 2020 09:21 WIB
Ken Langone
Ken Langone. Foto: Dok. CNBC
Jakarta -

Ken Langone adalah salah satu dari empat pendiri Home Depot yang menjadi miliarder. Menurut data Forbes, kakek berusia 82 tahun ini memiliki harta US$ 4,6 miliar atau setara Rp 68 triliun (kurs Rp 14.800).

Seluruh kekayaan Langone itu berawal dari hidup yang sederhana. Melansir CNBC, Kamis (24/9/2020), Langone tumbuh di Long Island, New York. Orang tuanya hidup sederhana yang hanya bergantung dari gaji seadanya.

Memiliki sumber daya keuangan yang terbatas membuat Langone harus melakukan banyak pekerjaan. Tapi itu justru membuatnya menjadi orang yang terampil dan perspektif yang kemudian dia manfaatkan untuk menjadi sukses sebagai pengusaha.

"Saya mulai bekerja ketika saya berusia 11 atau 12 tahun. Salah satu hal pertama yang saya lakukan adalah menjual beberapa karangan bunga Natal. Dan juga mengumpulkan [memo] karton karena saya tahu itu bernilai uang," ujarnya kepada CNBC.

Pada saat dia berusia 14 atau 15 tahun Langone mulai bekerja sebagai pengantar surat kabar atau loper koran. Dia juga sempat bekerja di sebuah toko daging, menjadi caddy golf, bahkan pernah bekerja sebagai tukang potong rumput.

"Dan kemudian saya mulai bekerja di bidang konstruksi pada usia 16 dan 17 tahun," kenangnya.

Motivasi Langone dalam menjalankan hidupnya yang terus bekerja dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya sebenarnya sangat sederhana. Langone hanya ingin punya uang yang tentunya tidak bisa dia dapat dari orangtuanya. Dari situ dia bersedia untuk melakukan pekerjaan dengan keras.

"Saya ingin menghasilkan uang! Ayah saya adalah seorang tukang ledeng, ibu saya bekerja di kantin sekolah. Uang tidak banyak. Orang tua saya hidup dari gaji ke gaji," kata multi-miliuner itu.

Lanjut ke halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3