Mengenang Tan Siok Tjien, Istri Pendiri Gudang Garam yang Tutup Usia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 09:15 WIB
Tan Siok Tjien
Foto: Istimewa
Jakarta -

Tan Siok Tjien, istri dari pendiri PT Gudang Garam Tbk Surya Wonowidjojo tutup usia. Mendiang Tan Siok Tjien tutup usia di umur 91 tahun pada hari Minggu, 25 Oktober lalu.

Almarhumah merupakan salah satu tokoh yang cukup diperhitungkan di dunia bisnis. Sepeninggal suaminya, Tjoa Jien Hwie alias Surya Wonowidjojo, pada tahun 1985 mendiang Tan Siok Tjien langsung mengambil alih kepemimpinan Gudang Garam.

Dia dibantu anak ketiganya Susilo Wonowidjojo yang menjabat sebagai Presiden Direktur. Lalu, anak perempuannya Juni Setiawati Wonowidjojo menjabat sebagai Presiden Komisioner perusahaan.

Kepemimpinannya pun membuahkan hasil, Gudang Garam hingga kini masih menjadi perusahaan rokok terkemuka di tanah air. Bahkan, perusahaannya itu bisa mengantarkan mendiang Tan Siok Tjien menjadi satu-satunya wanita Indonesia yang masuk ke dalam daftar 500 orang terkaya di dunia versi Bloomberg Billionaires Index.

Dilihat detikcom pada Rabu (28/10/2020), dalam daftar Bloomberg, Tan Siok Tjien berada di peringkat 364. Dengan harta sebesar US$ 6 miliar atau sekitar Rp 87,6 triliun (kurs Rp 14.600).

Dia menduduki peringkat 359 dalam daftar orang terkaya di dunia September lalu. Di Indonesia sendiri dia merupakan orang kaya ke-3.

Dari keterangan resmi keluarga Wonowidjojo, almarhumah Tan Siok Tjien dijelaskan tutup usia pada Minggu 25 Oktober di Kediri, Jawa Timur. Dia meninggal pada pukul 5.50 WIB.

Keluarga pun telah melakukan pemakaman pada Selasa 27 Oktober lalu di kompleks makam keluarga yang berada di pabrik Gudang Garam.

"Sepanjang hidup, almarhumah telah memberikan teladan terbaik tentang nilai-nilai perusahaan yang terus dilestarikan hingga kini. Sebagaimana yang telah dicontohkan pula oleh pendiri perusahaan Bapak Surya Wonowidjojo," bunyi keterangan resmi keluarga Wonowidjojo dikutip detikcom.

"Karena itu, segenap pimpinan dan karyawan PT Gudang Garam Tbk akan terus melanjutkan nilai-nilai tersebut. Yaitu, dengan senantiasa bekerja keras demi kemajuan perusahaan serta kesejahteraan bersama," bunyi lanjutan keterangan tersebut.

(ara/ara)