Mengenang Maradona dan Pundi-pundinya dari Sepakbola

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 26 Nov 2020 10:10 WIB
ZURICH, SWITZERLAND - JANUARY 09: Diego Maradona arrives for The Best FIFA Football Awards 2016 on January 9, 2017 in Zurich, Switzerland. (Photo by Philipp Schmidli/Getty Images)
Diego Maradona/Foto: Philipp Schmidli/Getty Images
Jakarta -

Legenda sepakbola Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun. Maradona meninggal diduga akibat henti jantung pada, Rabu (25/11/2020) malam.

Dalam kariernya dia dianggap sebagai kunci dalam membantu Argentina memenangkan Piala Dunia pada 1986. Selain pernah menjadi pemain di Napoli dan Barcelona, Maradona juga bekerja sebagai manajer sepakbola.

Dikutip dari Express, Kamis (26/11/2020) sepanjang kariernya di dunia sepakbola, Maradona memiliki kekayaan sekitar 75.000 poundsterling setara Rp 1,4 miliar (kurs Rp 18.900).

Kekayaan tersebut terbilang kecil untuk seorang legenda sepakbola dunia. Mengingat Maradona pun diganjar bayaran tinggi saat bermain di klub-klub papan atas.

Belakangan diketahui, Maradona pernah dilaporkan kehilangan banyak uang selama bertahun-tahun karena kasus pajak dengan otoritas Italia yang mengharuskan dia membayarnya.

Selama menjadi pemain sepakbola, ia berhasil mencetak 115 gol dalam 167 laga. Pada 1981, dia pindah ke Boca Juniors dan menandatangani kontrak dengan transfer 3 juta poundsterling.

Setelah bermain dengan klub selama setahun. Dia pindah ke Barcelona dengan nilai 5 juta poundsterling, yang merupakan rekor transfer dunia pada saat itu.

Selama kariernya, dia bermain untuk Argentina di empat Piala Dunia. Diego menjabat sebagai kapten di Piala Dunia 1986 di Meksiko dan dia memimpin tim menuju kemenangan.

Bintang sepakbola itu pun membagikan keahliannya sebagai manajer. Dia memimpin tim termasuk Argentina, Al-Wasl, Fujairah dan Dorados. Baru-baru ini, Diego adalah manajer Gimnasia, peran yang dia ambil pada September 2019.

Mengutip Celebrity Net Worth, Maradona memiliki kekayaan US$ 500 ribu. Selama kariernya sebagai pemain sepakbola dan pelatih, ia mengantongi puluhan juta dolar AS dari gaji dan sponsor.

Pada 1980an ia menjadi salah satu atlet dengan bayaran termahal di dunia. Sayangnya ia tersandung masalah keuangan.



Simak Video "Maradona Meninggal, Netizen Kenang Sang Pencetak 'Gol Tangan Tuhan'"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)