Kisah Inspiratif

Joe Biden, Anak Penjual Mobil yang Kini Jadi Presiden AS

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 27 Jan 2021 07:15 WIB
Joe Biden teken sejumlah perintah eksekutif Presiden AS (AP/Evan Vucci)
Foto: Joe Biden teken sejumlah perintah eksekutif Presiden AS (AP/Evan Vucci)
Jakarta -

Joe Biden, pria yang menghabiskan hampir setengah abad kariernya dalam pelayanan publik. Mulai dari sebagai senator dan wakil presiden, hingga menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat (AS).

Mengutip History, Rabu (27/1/2021) Biden memenangi pilpres AS yang berjalan dengan sangat kontroversial. Sebab pilpres kali ini dilakukan di tengah pandemi, perhitungan nasional yang dibalut isu ketidakadilan rasial, dan perpecahan politik yang besar di negara tersebut.

Bahkan di tengah pandemi COVID-19, Biden memenangkan lebih dari 81 juta suara, terbanyak dalam sejarah pemilihan presiden AS. Sementara lawannya, Donald Trump, memenangkan lebih dari 74 juta suara.

Lebih dari seminggu sebelum pelantikan Biden, segerombolan ekstremis pendukung Trump menyerbu Capitol AS atas nama Trump. Mereka mengklaim bahwa kubunya lah yang memenangkan pemilu 2020. Lima orang, termasuk satu petugas polisi, tewas dalam aksi tersebut dan Dewan Perwakilan Rakyat AS memilih untuk mendakwa Trump untuk kedua kalinya.

Biden menjabat bersama Kamala Harris, yang menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjabat sebagai wakil presiden AS. Pada usia 78 tahun, Biden adalah presiden AS tertua dalam sejarah.

Sebelum mencalonkan diri untuk jabatan tertinggi negara, biden telah menjabat 36 tahun sebagai senator AS dari Delaware. Kemudian dia juga pernah menjabat sebagai wakil presiden Amerika Serikat bersama Presiden Barack Obama selama 2 periode. Sebagai wakil presiden dua masa jabatan, Biden sebagian besar berfokus pada masalah ekonomi dan kebijakan luar negeri.

Biden menyatakan pencalonannya untuk maji dalam pilpres AS melalui video pada April 2019. Biden menyebut pemilu AS 2020 sebagai pertempuran untuk jiwa bangsa ini.

Latar Belakang Joe Biden

Pria dengan nama panjang Joseph Robinette Biden Jr. lahir pada tanggal 20 November 1942, di kota kerah biru Scranton, Pennsylvania. Pada usia 10 tahun ia pindah bersama keluarganya ke daerah Wilmington, Delaware, tempat ayahnya mendapatkan pekerjaan sebagai penjual mobil.

Anak pertama dari empat bersaudara itu bersekolah di sekolah Katolik, termasuk sekolah menengah persiapan elit Archmere Academy. Meskipun ia unggul dalam olahraga, Biden menerima nilai yang biasa-biasa saja.

Pada tahun 1965 ia lulus dari Universitas Delaware dengan gelar ganda dari jurusan sejarah dan ilmu politik. Lalu tiga tahun kemudian ia memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse.

Pada tahun 1966, Biden menikah dengan Neilia Hunter. Dari pernikahannya itu dia dikaruniai tiga anak.

Setelah menyelesaikan sekolah hukum, Biden kembali ke wilayah Wilmington dan bekerja sebagai pengacara selama empat tahun. Pada tahun 1970 ia memenangkan pemilihan pertamanya di New Castle County Council.

Berlanjut ke halaman berikutnya.