Kiat Sukses Rintis Karir Ala Bos PLN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 16:21 WIB
Laba Bank Mandiri Rp 7,1 Triliun

PT Bank Mandiri Tbk berhasil mencetak laba semester I 2012 sebesar Rp 7,1 triliun pada kuartal II 2012. Angka itu tumbuh 12,69% dari periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp 6,3 triliun. Hal ini dikatakan Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini, saat diskusi bertajuk Menjadi Lembaga Keuangan yang Selalu Progresissive dan Dihargai di ASEAN, di Grand Ballroom Hotel Intercontinental Midplaza, Senin (6/8/2012). Agung Pambudhy/Detikcom 

1. (Kika) Chief Ekonomist Destry Damayanti, Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini, Direktur Commercial and Business Banking Sunarso dan Vice President Coordinator Change Management Office Ventje Rahadjo saat diskusi. 
 Pertumbuhan laba Bank Mandiri tak lepas dari sokongan anak-anak perusahaannya, seperti Bank Syariah Mandiri, Aksa Mandiri, dan Tunas Mandiri. 
2.  Total laba anak perusahaan membaik, mencapai Rp 936 miliar atau hampir Rp 1 triliun. Pertumbuhan laba hanya dari anak perusahaan mencapai 36,5 persen year on year
3. Laba perseroan juga didorong kinerja positif dalam penyaluran kredit. Bank Mandiri mencatat pertumbuhan kredit sebesar 26,6 persen menjadi Rp 350,4 triliun pada kuartal II 2012.
Bos PLN Zulkifli Zaini (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini bercerita mengenai perjalanan karirnya hingga akhirnya menjabat sebagai direktur utama dalam acara webinar Indonesia Young Business Leaders Award 2021.

Dia bercerita, dalam sebuah acara yang pernah ia ikuti, ia mendapat sebuah pertanyaan yang sangat sederhana dari salah seorang peserta. Peserta itu bilang, Zulkifli memulai karir sebagai seorang account officer (AO) di sebuah bank. Kemudian, Zulkifli mendapat amanah sebagai direktur utama.

"Bisa nggak bapak sharing satu hal yang bisa menjadi pegangan saya, di dalam saya bekerja di waktu-waktu yang akan datang?" kata Zulkifli menirukan pertanyaan peserta tersebut, Kamis (18/2/2021).

Zulkifli pun menjawab, hal yang menjadi pegangan dirinya selama menjalani karir ialah bekerja melebihi harapan dari orang yang memberi tugas.

"Saya katakan sebuah jawaban sangat simpel pegangan saya adalah saya selalu bekerja melebihi harapan pemberi tugas," ujarnya.

Ia pun mencontohkan, jika atasan memberi tugas untuk diselesaikan 2 minggu maka ia berusaha menyelesaikannya lebih cepat dengan sebaik-baiknya. Zukifli pun mengaku, ia tidak pernah merencanakan karirnya apalagi sampai berencana menjadi Dirut PLN seperti saat ini. Dia bilang, yang ia lakukan hanya bekerja melebihi harapan dari pemberi tugas.

"Karena itu saya dengan segala kerendahan hati. Saya tidak pernah merencanakan karir sekian tahun jadi ini, sekian tahun jadi ini, tidak, saya tidak berpikir seperti itu," ujarnya.

Mengenai karirnya ke depan, Zulkifli menyerahkan hal itu semua kepada atasannya. Terpenting, kata dia, ia bisa menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Dan saya serahkan itu kepada atasan-atasan saya, silahkan bapak ibu dalam hati saya silahkan bapak ibu pikirkan karir saya ke depan seperti apa. Yang saya lakukan, saya selesaikan semua tugas yang ada di meja dengan sebaik-baiknya melebihi harapan pemberi tugas," ungkap orang nomor satu di PLN tersebut.



Simak Video "Token Listrik Gratis Maret 2021, Begini Cara Klaimnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)