Mengenal Sosok Aga Thohir, Penerus Erick Thohir di Bisnis Bola

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 14:19 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis (18/03/2021). Rapat tersebut membahas pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Mahendra Agakhan Thohir atau Aga Thohir, putra Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir baru-baru ini dilantik menjadi Presiden Komisaris PT Persis Solo Saestu (PT PSS).

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT PSS di Hotel Atila, Solo, Sabtu (20/3/2021). Hal itu sebagai implikasi dari perubahan komposisi kepemilikan saham di PT PSS.

Dia bersanding dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang duduk sebagai Direktur Utama PT PSS.

"Khusus untuk Solo dan Aga (Agakhan), Aga mau mengikuti jejak ayah saya yang memulai perjuangan dari Solo. Solo adalah kota pertama ayah saya berjuang terpisah dari keluarga untuk sekolah," kata Erick dikutip dari keterangan resmi yang diterima detikcom, Selasa (23/3/2021).

Dilihat di akun Instagramnya, Aga Thohir menuliskan biodata sebagai social-enterpreneur. Berdasarkan profil LinkedIn Aga, dia mengambil pendidikan di Loyola Marymount University sebagai Sarjana Administrasi Bisnis. Dia menempuh pendidikan itu selama2018-2022.

Teka-teki pemilik baru Persis Solo terjawab. Manajemen baru Persis terdiri dari orang-orang penting, mulai dari Kaesang Pangarep, Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Kevin Nugroho.Mengenal Sosok Aga Thohir, Penerus Erick Thohir di Bisnis Bola Foto: Ari Purnomo

Di saat menempuh pendidikan sarjana, dia juga sudah aktif magang di perusahaan. Pada Juni 2019-Juli 2019, dia magang di Net Mediatama Televisi sebagai analis data.

Kemudian dia magang sebagai Analis Investasi di Skystar Capital selama 2 bulan pada Juli 2019-Agustus 2019. Aga juga sempat magang sebagai Analis Investasi di Northstar Group pada Juni 2020-Agustus 2020.

Sejak Maret 2020 hingga saat ini dia menjabat sebagai Chairman Of The Board NKRI Youth. Dilihat dari deskripsinya, NKRI Youth adalah organisasi nirlaba yang berfungsi sebagai saluran, platform, dan penguat bagi pemuda Indonesia untuk berjuang demi perubahan nyata melalui penelitian intensif, konten kreatif, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Aga Thohir juga menjabat sebagai Co-Founder & Chief Investment Officer IndoAgro per Agustus 2019 hingga saat ini. Bisnis tersebut memberikan solusi teknologi pertanian perintis di Indonesia. Selain itu, dia juga bekerja sebagai Analis Investasi di Kinesys Group per Oktober 2020.

Simak juga Video: Jokowi Kenalkan Dewas-Direksi LPI, Ada Sri Mulyani-Erick Thohir

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)