Kisah Inspiratif

Kisah Sukses Colonel Sanders Bangun Jaringan Resto Ayam yang Mendunia

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 25 Mar 2021 08:00 WIB
Founder of Kentucky Fried Chicken, Colonel Harland Sanders.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Siapa yang tak kenal restoran cepat saji KFC, jaringan restoran yang memiliki andalan menu ayam goreng asal Amerika Serikat ini telah mendunia. Bahkan hingga kini pun gerainya tersebar luas hampir di seluruh Indonesia.

Di balik kesuksesan KFC yang mendunia, ada ColonelSanders alias Harland David Sanders yang menjadi pendiri. Sejak dahulu Sanders dikenal karena berhasil menciptakan resep ayam goreng yang lezat.

Sanders lahir pada tanggal 9 September 1890 di Henryville, Indiana. Sejak kecil hidupnya penuh perjuangan, dia ditinggal ayahnya meninggal ketika masih berumur 6 tahun. Sebagai kakak tertua dia juga harus bertanggung jawab merawat adik-adiknya.

Sejak usia dini Sanders sudah banyak merasakan berbagai profesi. Mulai dari jadi petani, kondektur trem, pemadam kebakaran kereta api, bahkan penjual asuransi.

Namun karir Sanders baru moncer saat dia berumur 40 tahun. Kala itu dirinya mendapatkan pekerjaan untuk menjalankan usaha pom bensin di daerah Kentucky. Sambil mengelola pom bensin, Sanders juga membuka restoran kecil-kecilan.

Niatnya, apa yang dia jajakan bisa dibeli oleh para pelancong yang mengunjungi pom bensinnya. Menu andalan yang ditawarkannya adalah fried chicken alias ayam goreng tepung yang renyah seperti yang dikenal hingga sekarang.

Ternyata, keberuntungan menghampiri Sanders, restoran itu cukup ramai dan laku. Akhirnya dia memindahkan operasinya ke sebuah tempat di seberang jalan dan terus menjajakan ayam gorengnya yang menjadi terkenal.

Saking terkenalnya, Sanders sampai dielu-elukan oleh semua masyarakat di Kentucky. Alhasil di tahun 1935, dia diangkat menjadi Coloneloleh Gubernur Ruby Laffoon.

Pada 1952, Sanders memulai mulai berpikir untuk melebarkan sayap bisnis ayam gorengnya yang sudah kadung terkenal. Dia memilih jalur waralaba untuk memperluas usahanya, nah di saat itu lah dia memberikan nama usaha waralabanya sebagai Kentucky Fried Chicken atau yang dikenal KFC di masa sekarang.

Simak juga 'KFC Bakal Rilis Game yang Bisa Hangatkan Ayam':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2