Kisah Lebaran Sri Mulyani: Rapat Maraton hingga Dini Hari

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 15 Mei 2021 06:00 WIB
Poster
Foto: Agung Pambudhy: Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berbagi cerita seputar momen Lebaran. Dia mengatakan tetap bekerja secara virtual hingga malam takbiran bersama para pejabat Kementerian Keuangan membahas beberapa materi RUU, termasuk RUU Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2022.

"Ini kan sebentar lagi pasti banyak sekali berhubungan dengan kami. Jadi kami nggak sempat liburan Lebaran sebab kami siapkan KEM PPKF di DPR kita masih ada audit BPK, kita masih ada 2 RUU yang akan dibahas kita selesaikan RUU APBN nanti," kata Sri Mulyani saat silaturahmi secara virtual dengan media, Jumat (14/5/2021).

Apalagi selama 3 bulan ke depan bakal sibuk membahas RUU tersebut bersama DPR.

"Jadi 3 bulan ke depan pasti anda semua bosen dengan kita," ujarnya.

Bicara seputar Lebaran, Sri Mulyani mengatakan tidak mudik meski sangat merindukan orang tua dan sanak saudara. Demi mengobati rasa rindu, Sri Mulyani bertemu secara virtual dengan keluarga melalui aplikasi Zoom hingga tengah malam.

"Apakah saya tidak mudik gimana rasanya? Ya pasti kangen, ketemu saudara tadi malam kami zoom sampai 11.30 WIB dengan hampir berapa itu saya 10 bersaudara dengan cucu hampir generasi ke-3 nya udah 54 lebih jadi ramai dalam satu zoom nyanyi dan yang lain-lain," kata Sri Mulyani.

"Tapi tentu itu tidak bisa menggantikan perasaan untuk berkumpul bersama keluarga," sambungnya.

Selain itu, Sri Mulyani juga memanfaatkan momen libur Lebaran untuk mengasah kembali skill memasak. Menunya adalah semur pedas lidah sapi dan sambal goreng ati.

Rencana Sri Mulyani masak buat keluarga nyaris gagal lho. Kenapa? langsung klik halaman berikutnya.

Niat memasak itu pun hampir kandas lantaran rapat virtual hingga tengah malam. Namun dia tetap melanjutkan rencana tersebut karena sudah janji dengan suami.

"Saya sampai hari terakhir puasa masih ada rapat, tapi saya sudah bilang sama suami, saya kepengin masak lidah dan sambal goreng ati, walaupun kita ada pesanan tapi saya pengin masak-masakan saya sendiri," ujarnya.

"Jadi lidahnya sudah dibeli sama hatinya sudah direbus. Jadi waktu selesai saya rapat terakhir jam berapa itu ya jam 1 setengah 2, saya mulai Masak jam 3 itu hari puasa terakhir," tambahnya.

Tak lupa Sri Mulyani meminta anggota keluarga memberikan testimoni setelah mencicipi masakannya.

"Jadi agak nggak pede karena sudah lama nggak masak, jadi kita teruskan sesudah buka puasa malam takbiran kita lihat lagi dicicipin untung rasanya agak enak, sampai semuanya harus kasih testimoni tapi mereka kan kasih testimoni sambil lihat ke saya," katanya.

Selanjutnya di malam Lebaran hari pertama, Sri Mulyani bersama suami, anak dan cucunya jalan-jalan menikmati suasana Jakarta di kawasan Sudirman.

"Saya selalu mikir, kalau orang Jakarta pada di rumah pasti jalanan di Sudirman kosong trotoarnya. Jadi saya ajak cucu keluar karena mereka kan udah bikin berantakan rumah ya jadi sekali, jadi kita ajak keluar," katanya.

"Makanya kemarin itu jalan-jalan malam itu ya cuman sebentar tapi mereka lihat udara luas dan nggak ada orang," tambahnya.

Momen jalan-jalan itupun diunggah di akun Instagram @smindrawati.

(hek/hns)