Kisah Inspiratif

Modal Jualan Ladang Migas, Pria Ini Jadi Juragan Hotel di AS

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 30 Sep 2021 07:40 WIB
Robert Rowling
Foto: Dok. Forbes
Jakarta -

Robert B. Rowling, pemilik salah satu jaringan hotel ternama Omni Hotels & Resorts, mendapatkan modal untuk membangun bisnis itu dari menjual ladang minyak dan gas (migas).

Dari penjualan ladang migas pada 1996, dia mengantongi hasil penjualan sebanyak US$ 500 juta. Uang itulah yang digunakan untuk membeli Omni Hotels.

Dengan memiliki hotel itu, sekarang Rowling dikenal sebagai salah satu miliarder paling sukses di dunia. Forbes mencatat pada 2019 nilai kekayaannya mencapai US$ 5,6 miliar atau sekitar Rp 80 triliun (kurs Rp 14.333). Angka tersebut menempatkannya di urutan 334 orang terkaya di dunia.

Tetapi tahun ini, kekayaannya berkurang menjadi US$ 4,9 miliar. Forbes mencatat penurunannya sebanyak US$ 3 juta. Urutannya dalam daftar orang terkaya juga turun ke urutan 752.

Setelah pada 1996 mendapatkan Omni Hotel, ia membangunnya di 54 lokasi, termasuk hotel-hotel baru di Boston, San Francisco, dan Nashville. Jaringan Omni kini memiliki 60 lokasi dan 21.000 kamar di seluruh negeri dengan hotel besar baru di Dallas, Atlanta, dan Boston.

Pada 2004 Rowling membeli pusat kebugaran Gold's Gym, yang membuat Arnold Schwarzeneger terkenal. Sekarang dia memiliki lebih dari 700 lokasi gim di seluruh dunia.

Tidak hanya memiliki, Omni Hotels, ia juga pemegang saham terbesar di Gaylord Entertainment, sebuah institusi di Nashville yang propertinya termasuk Grand Ole Opry yang ternama. Rowling juga melebarkan sayap bisnisnya sebagai pengusaha resort golf utama di Amerika Serikat (AS).

Sebagai informasi, Omni Hotels merupakan perusahaan yang berada di bawah Rowling's TRT Holdings Inc., sebuah perusahaan besar berbasis di Dallas. Perusahaan ini memiliki banyak sektor usaha seperti energi, keuangan, dan kebugaran alias gym.

Omni mulai menjadi pemilik dan operator utama resor golf yang ikonik pada tahun 2013 dengan membeli lima properti milik KSL Capital Partners LLC yang pada saat itu pemilik Dallas ClubCorps. Kelima perusahaan itu nilai transaksinya ditaksir sekitar US$ 900 juta.

Namun, tidak lama berselang, Omni kembali mengakuisisi MontCucia Resort & Spa di ClubCorp. Nilai transaksinya ditaksir mencapai US$ 1,2 miliar. Dengan aksi tersebut, Rowling dianggap sedang 'berjudi'.

Dalam situs Omni Hotel, perusahaan mengklaim akan memberikan rasa kepada pengunjungnya agar bisa merasakan suasana lokal, Amerika Utara. Fasilitas mewah juga ditawarkan, mulai dari kawasan golf dan spa.

(eds/eds)