Sudah Berkali-kali Bos Pertamina Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 20:00 WIB
Nicke Widyawati
Sudah Berkali-kali Bos Pertamina Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Jakarta -

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati kembali tercatat sebagai wanita paling berpengaruh di dunia. Ia sudah berkali-kali masuk dalam daftar tersebut versi majalah global.

Forbes pada tahun 2020 merilis daftar 100 The World's Most Powerful Women. Nama Nicke Widyawati pun masuk dalam daftar tersebut dan menempati posisi ke-25 dari 100 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia.

Berdasarkan laporan Forbes, sejumlah tokoh dunia yang masuk daftar bersama Nicke yakni Kanselir Jerman Angela Merkel, Chief of European Central Bank Christine Lagarde, dan Wakil Presiden Amerika Serikat ke 49 Kamala Harris.

Forbes menyebut, Nicke telah dipercaya oleh pemerintah untuk memimpin BUMN terbesar di Indonesia. Pada Juni 2020, pemerintah mencatat Nicke masih mendapatkan predikat sebagai pemimpin Pertamina terbaik.

Forbes juga mencatat, pada 2019 Pertamina berhasil membukukan pendapatan hampir US$ 55 miliar dan laba sebesar US$ 2,5 miliar. Pada 2020, Nicke juga disebut mampu menekan dampak COVID-19 sekitar 45%.

Di tahun yang sama, Nicke juga masuk daftar 50 besar Wanita Paling Berpengaruh di dunia menurut majalah bisnis global, Fortune. Saat itu, ia berada di urutan ke-16.

Fortune menjelaskan dasar utama pemilihan tokoh-tokoh wanita itu berasal dari kecakapan menangani dampak pandemi COVID-19. Peran Nicke pun dinilai dari catatan kerugian perusahaan yang tidak sedalam perusahaan migas global lain.

Fortune juga menilai, keberanian Nicke yang terjun ke dalam industri mayoritas pria menjadi salah satu penilaian. Perusahaan yang dipimpinnya itu memang didominasi oleh pria dengan total pendapatan tahunan lebih dari US$ 54,6 miliar dan 32.000 pekerja di seluruh dunia.

Lanjut ke halaman berikutnya.