Kisah Inspiratif

Kuncoro Wibowo, Anak Pasar Glodok yang Punya Harta Rp 24 T

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 06:46 WIB
kuncoro wibowo
Kuncoro Wibowo, Anak Pasar Glodok yang Punya Harta Rp 24 T
Jakarta -

Siapa yang tak tahu Ace Hardware, pusat perlengkapan perkakas rumah tangga, teknik dan industri yang sering kita temui. Ada sosok di balik besarnya nama Ace Hardware di Indonesia, dialah Kuncoro Wibowo.

Nama Kuncoro Wibowo sendiri masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Harta kekayaannya tercatat mencapai US$ 1,75 miliar atau setara Rp 24,8 triliun. Semua keberhasilan Kuncoro ini diraih berawal dari Pasar Glodok Jakarta.

Lahir pada 1956, Kuncoro merupakan anak dari seorang pedagang perkakas di Glodok. Sang ayah berjualan perkakas di sebuah toko ukuran 3×3 meter, sementara ibunya adalah ibu rumah tangga.

Kuncoro kecil bersama saudara-saudaranya sering membantu ayahnya berjualan saat pulang sekolah. Mereka membantu ayahnya di toko hingga tutup pukul 5 sore. Meski sempat menunda pendidikan formalnya karena Gerakan 30 September, namun ia tetap bisa belajar dengan mengundang guru ke rumah.

Beranjak remaja, Kuncoro Wibowo terbilang cepat dapat belajar, apalagi soal bisnis. Ia mampu menjalin komunikasi dan hubungan dengan para pemasok barang-barang perkakas saat berkeliling ke berbagai pelosok negeri.

Kemampuannya dalam melihat peluang bisnis semakin tajam dan ia dapat melihat berbagai bisnis yang menguntungkan untuk masa depannya. Pengalamannya tersebut ternyata menjadi salah satu faktor pendukung cikal bakal berdirinya Kawan Lama Group di mana Ace Hardware berada dalam payung hukumnya.

Berawal dari toko kecil di kawasan Glodok, Kuncoro Wibowo berhasil membangun Group Kawan Lama yang dikenal sebagai group toko besar dengan berbagai perkakas dan furniture.

Ace Hardware dan Informa merupakan mega store di bawah payung Group Kawan Lama yang dikembangkan oleh Kuncoro Wibowo, mengusung merek luar negeri yang terus berkembang di Tanah Air.

ToysKingdom dan Chatime juga milik Kuncoro Wibowo. Klik halaman berikutnya.