Profil Arief Prasetyo yang Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

ADVERTISEMENT

Profil Arief Prasetyo yang Ditunjuk Jokowi Jadi Kepala Badan Pangan Nasional

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 21 Feb 2022 11:26 WIB
Dirut Utama Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Edi (Fida-detikcom)
Foto: Dirut RNI Arief Prasetyo Edi (Fida-detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Arief Prasetyo Adi menjadi Kepala Badan Pangan Nasional hari ini. Dia sudah lama berkecimpung di bisnis yang berhubungan dengan perut. Seperti apa rekam jejaknya?

Arief menjabat sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), sejak 16 November 2020 melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 365/MBU/011/2020. BUMN ini bergerak di bidang pangan, manufaktur, perdagangan, dan distribusi. Demikian dikutip dari situs web resmi milik Arief, Senin (21/2/2022).

Sebelum berkiprah di badan usaha milik negara (BUMN) tersebut, dia sempat mencicipi karir di badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang distribusi, penjualan, jasa pergudangan, pergudangan dalam resi gudang, jasa pertokoan, dan pengangkutan bahan pangan (beras), yaitu PT Food Station Tjipinang Jaya. Dia menjabat sebagai Direktur Utama periode 2015-2020.

Arief juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat Kadin DKI 2019-2024, Dewan Pakar Perkumpulan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) 2020-2025.

Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Deputy CEO, COO di PT Bez Retailindo, Paramount Enterprise International periode tahun 2013-2015.

Dia berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di beberapa industri ritel modern seperti PT Lotte Shopping Indonesia, PT Hero Supermarket Tbk (termasuk 4 tahun di Hero Timika, Freeport Area) dan Esteem Challenge, Sdn, Bhd Malaysia.

Arief lahir di Palangkaraya, 27 November 1974. Dia menyelesaikan Sekolah Menegah Atas di SMAN 1 Jakarta tahun 1992, memperoleh gelar Sarjana Teknik Sipil Konstruksi tahun 1998 dan Magister Teknik, Manajemen Konstruksi tahun 2000 dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Pelantikan Arief digelar di Istana Negara pada siang ini. Selain Kepala Badan Pangan Nasional, Jokowi juga bakal melantik Andi Widjajanto sebagai Gubernur Lemhannas.



Simak Video "Pesan Demokrat di Sisa Masa Jabatan Jokowi: Jangan Terjebak Langgam!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT