Bambang Susantono Calon Kuat CEO IKN, Ini Profilnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 22 Feb 2022 14:53 WIB
Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menjelaskan soal membludaknya populasi motor di Indonesia.
Calon Kuat Kepala IKN Nusantara, Bambang Susantono (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo menyebutkan jika dia akan melantik kepala ibu kota baru pada minggu depan. Kriterianya adalah orang tersebut berasal dari luar partai politik.

"Mungkin minggu depan akan kita lantik," kata dia, Selasa (22/2/2022).

Jokowi pun dikabarkan sudah menunjuk orang yang dimaksud akan memimpin ibu kota baru di Kalimantan Timur tersebut. Nama Bambang Susantono disebut-sebut menjadi calon kuat untuk memimpin ibu kota baru.

Siapa sebenarnya Bambang Susantono?

Rupanya ia bukan orang baru di pemerintahan.

Sebelumnya, Bambang Susantono sempat menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Pria kelahiran 4 November 1963 ini adalah orang yang berbakat untuk perencanaan infrastruktur dan transportasi. Bambang juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007-2010.

Selanjutnya dia juga pernah menduduki posisi Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Lulusan Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) ini awalnya bekerja di Departemen Pekerjaan Umum.

Pada 1996 dia meraih gelar master tata kota dan wilayah di Universitas California, Berkeley.

Selepas tak lagi menjabat sebagai Wamen Perhubungan, ia fokus berkarir di luar negeri. Ia dipercaya menjabat sebagai Vice President Asian Development Bank.

Dia bertanggung jawab untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim hingga riset ekonomi serta kerjasama regional.

Di ADB Bambang juga mengawasi pengembangan publikasi dan laporan unggulan ADB tentang Indikator pembangunan Asia, Outlook pembangunan Asia dan indikator ekonomi.

Posisi Bambang di ADB menggantikan Bindu Lohani yang telah memasuki masa pensiun.

ADB menilai, Bambang memiliki pengalaman panjang sebagai akademisi, dan sebelumnya turut memberi masukan terhadap kebijakan pemerintah, sektor swasta, dan berbagai organisasi internasional.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Vice President East Asia Society of Transportation Studies (EASTS).

Simak Video 'Jokowi Minta Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara Tak Lagi Ditentang':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)